Tak Banyak yang Tahu, 5 Kebiasaan Menyenangkan Ini Bikin Paket Internet Cepat Ludes


SURATKABAR.ID – Berselancar di dunia maya memang memberikan kesenangan yang hakiki. Tak heran jaringan internet menjadi satu hal yang paling dicari ketika akan mengunjungi suatu tempat. Dan jika koneksi hilang, bisa dipastikan hidup menjadi tidak tenang.

Begitu pentingnya internet, tidak sedikit orang yang rela menganggarkan dana cukup banyak untuk memenuhi paket data setiap bulannya. Meski sudah dijatah, namun yang cukup sering terjadi adalah paket internet keburu habis sebelum akhir masa. Kira-kira apa penyebabnya, ya?

Dilansir dari laman Tribunnews.com pada Senin (25/6/2018), banyak dari kita yang tidak menyadari apa penyebab cepat terkurasnya kuota internet. Di bawah ini ada 5 kebiasaan yang sayangnya meski memberikan kesenangan, namun bisa menjadi faktor utama penyebab habisnya kuota internet kita.

Mengunggah Video ke YouTube

Kegiatan ini bisa menghabiskan banyak kuota. Namun semua bergantung pada pengaturan dan faktor lain. Untuk video resolusi high-definition (HD) setidaknya bisa mengembat jatah 200 MB per menit. Tinggal dikalikan saja jika Anda mengunggah lima video HD berdurasi 1 menit.

Game Online

Baca Juga: Sisa Kuota Internet yang Tak Terpakai Ternyata Bisa Dijual Lagi dengan Trik Ini

Terjebak di suasana yang membosankan? Game online jalan keluarnya. Game jenis real-time action, seperti Asphalt 8 maupun Modern Combat 5: Blackout bisa menguras 1 MB untuk setiap menitnya. Jadi semakin lama Anda tenggelam dalam keseruan game online, semakin banyak kuota internet yang ludes.

Obrolan via Video

Mengobrol lewat video di Skype atau FaceTime rupanya masuk ke dalam aktivitas yang membutuhkan banyak kuota. Umumnya, mengobrol melalui video lewat aplikasi-aplikasi tersebut bisa memakan 3 MB per menit. Jika ingin menghemat pemakaian data, mulai kurangi sesi bincang-bincang lewat video.

Streaming Musik

Aktivitas menyenangkan lain yang rupanya bisa jadi penyebab kuota internet kita habis adalah penggunaan layanan streaming musik, seperti Guvera atau Rdio. Meski praktis ternyata konsumsi data internet membengkak. Memutar musik beresolusi 320 Kbps saja bisa menguras 2,4 MB per menit.

Streaming Video

Dengan banyaknya layanan streaming video, kita memang semakin dimanjakan untuk menikmati film-film terbaru hingga sekedar mendengar video klip penyanyi favorit. Namun ingatlah jika YouTube, iTunes, Vimeo, ataupun Hulu bisa jadi monster kejam penguras kuota internet Anda.

Agar tak terjebak dalam masalah kuota internet, disarankan untuk membuat perencanaan pemakaian data pada smartphone Anda. Salah satunya adalah dengan memastikan apakah gaya pemakaian mempengaruhi besaran komsumsi data internet.