Masjid-Masjid ini Tetep Indah dan Keren Walau Tanpa Kubah. Nomer Dua Bikin Betah


SURATKABAR.IDMayoritas masjid di dunia saat ini menggunakan kubah dan menara sebagai ikonnya. Seakan-akan, kubah dan menara sudah melekat menjadi jati diri masjid sebagai tempat peribadatan umat Islam.

Namun, seiring perkembangan zaman, perubahan bergulir begitu cepat. Termasuk untuk urusan bangunan masjid. Masjid yang dulunya berikon kubah dan menara, kini berganti menjadi aksen-aksen modern namun tetap islami.

Nah iini dia penampakan masjid-masjid tanpa kubah namun tetap menenangkan dan indah

  1. Masjid 99 Cahaya Tubaba Lampung

Masjid 99 Cahaya sengaja dibuat tanpa kubah, yang diarsiteki oleh Andramatin, ditandai dengan menjulang tinggi bangunan tersebut. Menandakan hubungan antara manusia dengan Tuhannya. Sedangkan Sesat Agung yang dibangun sebagai balai adat tidak terlalu tinggi melainkan luas, menandakan hubungan antara manusia dengan sesamanya.

Baca Juga: Mempesona! 4 Masjid Ini Tunjukkan Akultulasi Budaya di Indonesia

Masjid ini berada di Tulang Bawang Barat merupakan Kabupaten baru di Provinsi Lampung.

  1. Masjid Al Irsyad Bandunng

Dikutip dari Ublik.id. Masjid ini diarsiteki oleh Ridwan Kamil, dengan desain futuristik sebagaimana karya yang sering ia rancang. Masjid ini dibangun sejak 2009 dan berhasil diresmikan setahun berikutnya.

Jika berkunjung ke sana, awal mula pengunjung menginjakkan kaki, maka akan disambut oleh bentangan karpet merah yang megah. Selanjutnya jika melihat ke atap bangunan, akan ada 99 lampu yang membentuk siluet 99 cahaya, sebagaimana Asma’ul Husna.

  1. Masjid Al-Safar Tol Cipularang

Tak hanya Masjid Al Irsyad, masjid ini juga diarsiteki oleh Ridwan Kamil dan Urbane dengan desain unik dan modern.

Letaknya berada di rest area KM 88B, memiliki bentuk yang unik menyerupai topi adat Sunda.

  1. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat merupakan masjid terbesar di provinsi tersebut. Masjid ini memiliki konstruksi tiga lantai, dengan kegiatan utama yakni ibadah sholat berada di lantai dua. Lantai dua ini, langsung terhubung dengan teras depan yang melandai ke arah jalan.