Tipe-Tipe Orang Puasa, Dari Tukang Tidur Sampai Takjil Hunter. Kamu Yang Mana?


SURATKABAR.IDBulan Ramadan merupakan bulan yang istimewa bagi setiap umat muslim. Bulan Ramadan yang hadir hanya satu bulan dalam satu tahun membawa banyak berkah dan penuh rahmat. Amalan baik yang dikerjakan pada bulan Ramadan akan dilipatgandakan pahalanya.

Berbagai macam kegiatan dilakukan oleh umat muslim untuk mengisi hari-hari Ramadan. Akan tetapi kesibukan tiap orang berbeda, sehingga cerita Ramadan tiap orang juga berbeda-beda. Perbedaan pada kebiasaan yang dijalani masing-masing orang ini, menghasilkan beberapa tipe orang berpuasa. Mari kita simak tipe-tipe orang puasa di bulan ramadan, yang berhasil di himpun dari Trivia.id.

1. Tukang Tidur

Tipe ini yang paling sering di idap oleh para remaja muslim pada umumnya, dari pada gabut mending tidur aja. Tipe tukang tidur ini yakni menghabiskan waktunya sepanjang hari untuk tidur, dan baru bangun ketika menjelang azan maghrib berkumandang. Hayo ngaku, siapa yang masuk tipe ini…

2. Takjil Hunter

Takjil hunter atau pemburu takjil ini akan menjamur saat ramadan tiba. Tipe takjil hunter ini kebanyakan diidap oleh anak rantau, seperti mahasiswa dan yang jauh dari kampung halaman. Hal ini dikarenakan banyak masjid  yang menyediakan makanan buka puasa gratis di bulan Ramadan. Hidup mahasiswaa

3. Masjid Traveler

Tipe ini salah satu tipe yang pandai mencari pahala di bulan Ramadan. Tipe ini menghabiskan ramadannya untuk melakukan safari masjid. Mereka mereka berpindah-pindah dari satu masjid ke masjid lain dalam rangka salat tarawih yang nuansanya berbeda-beda dari setiap masjid . Atau demi bisa mengikuti ceramah da’i yang mereka kagumi.

Baca Juga: Lion Air Polisikan Penumpang yang Membuka Jendela Darurat Pesawat karena Alasan Ini

4. Tim Puasa Bedug

Tipe ini biasanya di idap oleh anak-anak kecil yang baru mulai belajar berpuasa. Biasanya tim puasa bedug akan makan saat siang pada waktu dhuhur, dan melanjutkan berpuasa hingga magrib. Anak-anak yang masih belum bisa menahan lapar selama sehari penuh diberi keringanan dengan berpuasa setengah hari saja. Kalau sudah baligh, harap ingat umur ya, segera cari tipe lain.

5. Aktivis Buka Bersama

Nah, tipe yang satu ini jadwal berbuka puasa bersama nya panjang banget. Semua temannya diajak untuk berbuka puasa bersama (buber), mulai dari temen TK, SD, SMP, SMA, Kuliah dan Kerjanya. Biasanya tipe ini adalah tipe yang sangat aktif untuk koar-koar soal buber di grup kelas. Tipe ini sangat mencintai jalinan persaudaraan dan silaturrahmi.

6. Panitia Acara Ramadan

Tipe yang paling sibuk bahkan dari jauh-jauh hari sebelum bulan ramadan, mereka membentuk kepanitiaan sampai merumuskan segala agenda Ramadan bagi para jamaah masjid. Mereka lah orang-orang yang ada di balik tersedianya takjil gratis, kedatangan para penceramah ulung, memberikan fasilitas bagi jamaah yang ingin i’tikaf, serta masih banyak lagi agenda Ramadan lainnya. Tipe ini benar-benar mendedikasikan hidupnya untuk orang lain, salut.

7. Pemburu Pahala

Tipe Pemburu pahala ini memiliki semangat yang kuat untuk meraup pahala sebanyak-banyaknya saat Ramadan. Mereka membuat rencana yang matang untuk menjalani puasa satu bulan penuh dengan berbagai amalan, baik yang wajib maupun sunnah. Berbagai kegiatan positif yang hanya ada di Bulan Ramadan berusah dikerjakan keseluruhan, dari tarawih hingga Malam Lailatul Qadar. Salut untuk tipe ini.