Mengintip Tradisi Unik Muslim Amerika saat Ramadan, Anak Kost Bisa Ikutan Lho


SURATKABAR.IDSahur dikerjakan sekitar pukul 3 pagi, dimana kebanyakan orang tertidur lelap. Muslim yang mengerjakan puasa di bulan Ramadan bersiap-siap untuk sahur. Ramadan kali ini jatuh ketika musim panas di Amerika, hal tersebut membuat muslim di Amerika harus berpuasa selama 17 jam, tanpa makanan atau minuman.

Bagi banyak Muslim, sahur adalah aktivitas makan yang biasanya dilakukan di rumah bersama keluarga. Namun, ketika harus pindah ke kota baru atau hidup sendiri, melaksanakan sahur diluar rumah dapat dijadikan pilihan. Hal tersebut tentunya membuat umat muslim harus mencari restoran yang buka 24 jam, seperti para muslim di Amerika ini yang gemar santap sahur di IHOP. IHOP atau International House of Pancakes merupakan restoran yang menyajikan pancake dan steak yang lezat, dan tentu saja buka 24 jam.

Muslim di Columbia Heights, Amerika memilki tradisi unik nan modern. Mereka melaksanakan sahur tiap harinya di IHOP. Mereka lebih memilih sahur dengan tumpukan pancake lembut sebelum ibadah panjang puasa dimulai.

Farha Tahir mengatakan bahwa pergi keluar untuk sahur dengan orang lain sangat berarti bagi banyak orang. Karena Muslim terbiasa melakukan sahur bersama-sama.

“Senang mengetahui bahwa Anda memiliki komunitas yang dapat Anda datangi dan berbagi dengan mereka, karena banyak dari kami tumbuh bersama keluarga. Kami melaksanakan sahur bersama setiap pagi. Jadi ini adalah cara untuk tetap sahur bersama saat jauh dari rumah,” kata Farha dilansir dari wamu.org (24/05).

Baca Juga: Selamat dari Bom Gereja, Kesaksian Yesaya Soal Anak Pelaku Bikin Bergidik

Zaheer Maskatia, yang berasal dari California, mengatakan jika IHOP merupakan satu-satunya tempat yang buka 24 jam.

“Bahkan darimana saya berasal, [IHOP] adalah satu-satunya tempat yang buka 24 jam.”

Apalagi untuk IHOP yang terletak dekat dengan masjid atau pusat Islam, IHOP melihat masuknya pengunjung saat malam hari untuk sahur dan berencana untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

“Mereka (Pelayan IHOP) mengenal kami, mereka mencintai kami. Kapanpun Ramadhan datang, mereka siap untuk kita, ”kata Maskatia, salah satu Muslim yang sedang Sahur di IHOP.

Pantas saja IHOP dan Muslim di Amerika sangat berkaitan, tentu karena muslim di Amerika memiliki tradisi santap sahur di Rumah Pancake ini.