Penuh Daya Tarik, Inilah Deretan Keunikan Masjid Ramlie Musofa yang Bikin Turis Manca Datang Belajar Islam


SURATKABAR.ID – Masjid, sebagai tempat beribadah rupanya tidak hanya menawarkan kedamaian sejati bagi masing-masing muslimin dan muslimah yang datang dan menjalani ibadah. Dengan bentuk arsitekturnya yang indah dan unik, masjid juga memberikan daya tarik istimewa kepada para turis.

Masjid Ramlie Musofa, dilansir dari laman Kompas.com, belakangan ini ramai diperbincangkan sebagai destinasi wisata menarik yang tidak boleh dilewatkan, baik untuk para pelancong dalam negeri hingga para turis dari negara-negara lain.

Ukiran ayat suci Al Quran di dinding masjid menggunakan tiga bahasa menjadi salah satu daya tarik Masjid Ramlie Musofa. Menggunakan Bahasa Arab yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dan juga Mandarin, menunjukkan nilai-nilai agama Islam di Tanah Air.

Selain sebagai penanda bahwa masjid tersebut didirikan oleh keturunan Tionghoa, terjemahan ayat Al Quran dalam Bahasa Mandarin juga untuk membantu para turis dari Negeri Tirai Bambu China yang datang berkunjung.

“Mereka yang tidak paham Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia, mereka langsung paham dengan Bahasa Mandarin bahwa Islam itu mengajarkan kebaikan,” demikian penjelasan Sofian sebagai pengurus Masjid Ramlie Musofa, pada Sabtu (26/5), seperti dikutip dari laman Kompas.com, Minggu (27/5/2018).

Baca Juga: Deretan Fakta Masjid Tertua di Depok, Nomor 2 Bikin Tercengang

Pengunjung juga dapat lebih memahami seperti apa nilai-nilai Islam melalui pahatan-pahatan yang menggunakan Bahasa Indonesia pada Masjid Ramlie Musofa yang berlokasi di Jalan Danau Sunter Selatan, Jakarta Utara tersebut.

Turis lintas agama, disebutkan Sofian, kerap datang berkunjung ke masjid tersebut. “Kita open dengan agama lain, (mereka) sering kemari bersama pemuka agama lain. Mereka sering datang berkunjung buat silaturahmi sekalian foto-foto,” ungkap Sofian.

Ia menambahkan bahwa pahatan bertuliskan ayat suci Al Quran memiliki maksud dan tujuan sebagai pengingat para pengunjung agar selalu mengingat hari akhir dan terus berbuat kebaikan kepada sesama makhluk hidup.

“Ketika mereka datang kemari, mereka akan paham, oh, ternyata Islam mengajarkan kebaikan, Islam itu ternyata memperingatkan hari kiamat,” pungkas Sofian menggambarkan begitu banyak ajaran Islam yang dapat dipahami para pelancong dari pahatan-pahatan Al Quran di Masjid Ramlie Musofa.

Untuk menikmati keunikan masjid ini, Anda bisa datang dari waktu Subuh hingga malam hari sekitar pukul 21.30 WIB. Memiliki arsitektur megah bagai Taj Mahal, tak heran jika setiap harinya banyak pengunjung yang datang menikmati keindahan Masjid Ramlie Musofa.