Deretan Fakta Masjid Tertua di Depok, Nomor 2 Bikin Tercengang


SURATKABAR.IDMasjid merupakan tempat peribadatan umat Islam. Islam yang menjadi agama mayoritas di Indonesia juga berbanding lurus dengan banyaknya masjid-masjid yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

Berbicara tentang masjid di Depok, tentunya kalian pasti teringat dengan Masjid Kubah Mas yang megah itu.

Sama-sama berada di Depok, Masjid Jami Al-Ittihad yang akan dibahas kali ini juga punya fakta-fakta yang akan membuat kita tercengang dan memiliki nilai sejarah yang bisa kita simak selengkapnya di bawah ini dihimpun dari jawapos.com.

1. Masjid Jami Al-Ittihad terletak di RT 01/04, Desa Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, Depok, Jawa Barat.

Dahulu pembangunan masjid ini dimulai oleh H. Ketong. Pada awalnya, masjid ini memakai beton yang dicat putih. Pembangunan masjid ini dilakukan secara berturut-turut dan dilanjutkan tokoh masyarakat penerusnya yaitu H. Siman, H. Husin, dan H. Rauf bin Husin.

2. Masjid pernah direnovasi dengan mengambil pasir dan batu di Kali Ciliwung yang terletak cukup jauh dari Masjid.

Renovasi pertama Masjid Jami Al-Ittihad dilakukan pada tahun 1969. Warga baik laki-laki dan perempuan bergotong royong merenovasi masjid dengan menggunakan alat seadanya. Bahkan warga sekitar mengambil pasir dan batu di Kali Ciliwung yang terletak cukup jauh dari letak Masjid.

Baca Juga: Astaghfirullah! Ada Kalimat Suci Umat Islam pada Tutup Botol Bir, Kisah Dibaliknya Diluar Dugaan

3. Masjid Jami Al-Ittihad sebagai Masjid Tertua di Depok, Usianya sekitar 2,5 Abad

Menurut Ketua Seksi Kepemudaan Masjid Jami Al-Ittihad, Masjid telah berdiri selama ratusan tahun. Yang jelas ini Masjid tertua yang ada di Kota Depok, sudah ratusan tahun berdiri.

4. Sunan Gunung Jati menjadikan Masjid Jami Al-Ittihad sebagai basis penyebaran agama Islam

Pada zaman dahulu, para wali seperti Sunan Gunung Jati diajak oleh wali setempat untuk menjadikan Masjid Jami Al-Ittihad sebagai tempat perkumpulan wali untuk menyiarkan agama Islam.

5. Empat Tiang Penyangga Jadi Bagian Tertua di Masjid Jami Al-Ittihad

Empat tiang penyangga dalam Masjid Jami Al-Ittihad merupakan bagian tertua dalam Masjid yang diperkirakan berusia 2,5 abad. Empat tiang penyangga tersebut dibangun saat renovasi pertama dilakukan yakni pada tahun 1969.