Tantang Sri Mulyani Debat Soal Utang, Rizal Ramli: Ternyata Nggak Punya Nyali


    SURATKABAR.ID – Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli memberi sebutan ‘tak punya nyali’ kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menolak diajak berdebat terkait perekonomian Indonesia. Pasalnya, tantangannya untuk debat terbuka tidak mendapatkan respons dari Sri Mulyani.

    Ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Kamis (4/5), seperti yang dilansir dari laman Detik.com, Rizal Ramli menduga alasan Sri Mulyani menjawab tantangannya lantaran takut aksi manipulatifnya terbongkar.

    “Ternyata Sri nggak punya nyali. Karena akan ketahuan nanti siapa yang manipulatif gunakan data sepotong-sepotong. Tidak menggunakan gambaran yang komprehensif tentang utang,” tutur Rizal Ramli, dikutip dari Detik.com, Kamis (3/5/2018).

    Padahal, menurutnya, ada tiga stasiun televisi swasta yang bersedia menayangkan debat terbukanya tentang utang negara dengan Menteri Keuangan Indonesia tersebut. Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mempersilakan pihak yang mempersoalkan utang untuk berdebat dengan Sri Mulyani.

    Baca Juga: Sri Mulyani Ditantang Debat oleh Rizal Ramli, Begini Reaksi Fadli Zon

    Tiga televisi swasta tersebut, diakui Rizal Ramli, telah bertemu langsung dengan dirinya untuk membicarakan hal tersebut. “Harusnya biasa sajalah. Kita diskusi, karena tiga TV swasta datang ke saya, siapa ya, kalau ada debat minta exclusive right atau hak eksklusif,” papat Rizal Ramli.

    “Saya bilang, lebih senang rakyat Indonesia, dengar, jangan eksklusif. Mereka kirim surat kepada presiden dan Menkeu belum ada jawaban. Kita tunggu saja,” tambah pria kelahiran Padang 10 Desember 1954 tersebut lebih lanjut.

    Diketahui sebelumnya, Rizal Ramli mengaku siap untuk menggelar debat terbuka terkait utang negara dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Hal tersebut merujuk pada pernyataan yang dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo, di mana sebelumnya memberikan kebebasan kepada pihak-pihak yang mempersoalkan utang Indonesia untuk langsung berargumen dengan Sri Mulyani.

    Namun sayangnya, ketika diminta tanggapan menyoal tantangan Rizal Ramli, Sri Mulyani memilih bungkam dan enggan memberikan komentar apapun. Wanita yang lebih akrab dengan sapaan Bu Ani ini hanya memberikan senyuman sebagai jawaban singkat sambil meninggalkan awak media.