Mengerikan! Efek Buruk Ini yang Bakal Terjadi Jika Cabut Bulu Hidung


SURATKABAR.ID – Tak sedikit orang yang memutuskan mencabut bulu hidung dengan alasan kecantikan. Ada yang melakukannya di salon kecantikan, ada pula yang melakukannya sendiri di rumah.

Jika dilihat dari sisi kecantikan, mungkin mencabut bulu hidung memang bermanfaat. Tapi, jika dilihat dari sisi kesehatan, tindakan sepele ini ternyata bahaya untuk dilakukan.

Dokter spesialis THT Rumah Sakit Moewardi Surakarta, S. Hendradewi, dengan tegas melarang tindakan tersebut.

“Hidung¬†itu bagian utama yang melindungi tubuh. Sebab, udara, debu, dan partikel-partikel kecil masuk lewat hidung,” terangnya usai konferensi pers Sterimar yang bertema Bernapas Lebih Sehat di Jakarta, Kamis (26/4/2018), dilansir kompas.com.

Baca juga: Studi Ungkapkan Pria Semakin Kaya Semakin Tak Tertarik pada Istri

Ia menjelaskan, apapun yang masuk lewat hidung akan disaring terlebih dahulu oleh bulu hidung. Dengan begitu, udara yang masuk ke paru-paru dalam keadaan bersih dan kaya oksigen.

“Jika bulu hidung dicabut, fungsi tersebut terganggu. Kotoran yang masuk tidak tersaring karena bulu tidak ada,” jelasnya.

Selanjutnya, kotoran yang masuk ke paru-paru akan menyebar ke seluruh tubuh. Akibatnya pun bisa fatal, bukan hanya infeksi di bagian hidung dan sistem pernafasan.

Selain itu, jika bulu hidung dicabut, kelembaban hidung tidak terjaga. Sebab, bulu hidung juga memiliki fungsi untuk mengatur kelembaban.

“Ketika udara panas masuk ke hidung, akan didinginkan. Sebaliknya, jika yang masuk dingin maka akan dipanaskan. Kehangatan udara jadi sesuai dengan yang ada di paru-paru,” terangnya.

Untuk itu, Hendradewi menyarankan agar bulu hidung tak dicabut. Jika punya kebiasaan ini, sebaiknya dihentikan sekarang juga.

Mungkin memang bulu hidung yang tumbuh memanjang hingga keluar dari hidung terlihat mengganggu. Tapi, sebaiknya tidak dicabut. Jika memang risih dan terganggu, bisa diatasi dengan dipotong sebatas yang keluar dari hidung.

“Supaya fungsi bulu hidung tetap ada,” tukasnya.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaPolwan Menikah Lewat Video Call, Begini Kata MUI
Berita berikutnyaMenaker Ungkap TKA China Sudah Marak Sejak Zaman SBY