Mendagri Ancam Pecat Anies, Hidayat Nur Wahid Angkat Bicara


SURATKABAR.ID  Wakil Ketua Dewan Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid heran jika benar Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo sampai mengancam pecat Gubernur Anies Rasyid Baswedan.

Apa benar dan apa dibenarkan Mendagri ancam pecat Gubernur DKI, yang dipilih langsung oleh rakyat Jakarta? Padahal tidak ada kewenangan Mendagri untuk pecat Gubernur,” tulis Hidayat pada akun twitter pribadinya @hnurwahid, pagi ini (Minggu, 1/4/2018), dikutip dari Gelora.co.

Hanya di kabinet “zaman now” menteri pada neko-neko: tentang cabe,tentang cacing & (kalau benar) tentang ancam pecat Gubernur,” tambah Hidayat yang juga wakil ketua MPR ini seraya mencantumkan link pemberitaan sebuah media siber berjudul ‘Kemendagri Ancam Pecat Anies Jika Tak Patuhi Ombudsman’.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri mengingatkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mematuhi rekomendasi yang dikeluarkan Ombudsman RI. Rekomendasi berupa koreksi kebijakan itu terkait penutupan Jalan Jatibaru Raya di Tanah Abang, Jakarta Pusat, oleh Pemprov DKI Jakarta.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Sumarsono mengatakan, rekomendasi Ombudsman bersifat final dan mengikat. Karena itu, rekomendasi wajib dipatuhi dan dijalankan.

Baca Juga: Kemendagri Ingatkan Anies, Sumarsono: Harus Dilaksanakan Kalau Rekomendasi Ombudsman

Anies Baswedan juga dihimbau wajib untuk mematuhi rekomendasi tersebut.

Dikabarkan sebelumnya, Ombudsman tercatat sudah dua kali melakukan peninjauan ke kawasan tanah abang, yakni pada 17 Januari dan 20 Maret 2018.

Dari hasil dua kali penijauan tersebut, pihaknya menemukan ada indikasi maladministrasi yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta dengan menutup Jalan Jatibaru Raya.

Tentang cacing, Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek mengatakan jika cacing yang berada di ikan makarel mengandung protein.

Dirinya menilai cacing tersebut tidak membawa efek berbahaya selama makanan itu diolah dengan benar. Menskes  menambahkan, cacing hanya berkembang biak di tempat yang cocok dengan siklus hidupnya.