Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia 2018, Bagaimana Indonesia?


SURATKABAR.IDFinlandia menjadi negara paling bahagia di dunia. Hal tersebut berdasarkan data dari World Happiness Report 2018.

World Happiness Report 2018 merupakan laporan dari Sustainable Development Solutions Network PBB yang dirlis pada 14 Maret 2018. Laporan yang mencantumkan 156 negara itu, menilai berdasarkan enam hal, yakni:

  1. Pendapatan negara
  2. Dukungan sosial
  3. Harapan hidup
  4. Kebebasan untuk memilih
  5. Kedermawaan
  6. Persepsi terhadap korupsi

Finlandia, naik dari urutan kelima tahun lalu dan menyingkirkan Norwegia dari posisi teratas. Pada tahun ini, Norwegia berada diurutan kedua. Selanjutnya diikuti oleh Denmark, Islandia, Swiss, Belanda, Kanada, Selandia Baru, Swedia dan Australia

Seorang warga Finlandia menyebutkan akses terhadap alam, keselamatan, kesehatan gratis serta sekolah yang baik adalah salah satu hal terbaik di negara mereka.

“Saya bercanda dengan orang Amerika lainnya bahwa kita menjalani impian Amerika di Finlandia,” kata Brianna Owens, dikutip dari Replubika.co.id, Kamis (15/3/2018).

Ia pindah dari Amerika Serikat dan sekarang menjadi guru di Espoo.

Espoo merupakan kota terbesar kedua di Finlandia dengan populasi sekitar 280 ribu orang.

“Saya pikir semua yang ada di masyarakat ini disiapkan agar orang sukses, dimulai dengan universitas dan transportasi yang berjalan sangat baik,” tambah Owens.

Dalam laporan tahunan tersebut juga diketahui bahwa orang-orang Amerika Serikat (AS) semakin tidak bahagia bahkan saat negara mereka semakin kaya. Amerika Serikat berada diurutan ke 18. Turun dari posisi ke-14 tahun lalu. Inggris berada di urutan 19 dan Uni Emirat Arab 20.

Sementara itu, tempat terendah berjajar negara-negara yang didera perang. Sebut saja Suriah dan Yaman. Dan pada urutan terbawah ada Bunduri.

Bagaimana Indonesia?, Indonesia berada di posisi ke 96, yang berarti masuk ke dalam setengah terendah dari 156 negara.