Mitos Terpatahkan! Dianggap Berbahaya Selama Ini, Durian Ternyata Bagus untuk Bumil


    SURATKABAR.ID – Sebagai calon ibu, sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan dan minuman selama masa kehamilan. Dari sekian banyak anjuran, buah menjadi salah satu makanan kaya vitamin dan mineral yang wajib dikonsumsi ibu hamil (bumil).

    Namun tidak semua buah dikatakan baik untuk wanita yang tengah mengandung. Selain nanas, ada rajanya buah yang dianggap membahayakan kesehatan jabang bayi. Selama bertahun-tahun, durian digambarkan sebagai momok paling mengerikan yang harus dihindari oleh wanita hamil.

    Tetapi tampaknya fakta di balik mitos yang telah mendarah daging di masyarakat Indonesia akhirnya terkuak. Hal tersebut disampaikan oleh dokter spesialis kandungan dan kebidanan Benny Johan Marpaung dalam acara ulang tahun Orami ke-5, dilansir laman Grid.ID dari Kompas.com.

    “Durian mengandung banyak vitamin, seperti Vitamin C dan kaya kalsium. Boleh-boleh saja buat ibu hamil,” jelas Benny dengan tegas mematahkan mitos yang menyebut durian terlarang dikondumsi ibu hamil, dikutip dari Grid.ID, Rabu (28/2/2018).

    Menurut penelitian, buah yang memiliki aroma kuat ini memiliki kandungan zinc yang terbukti bagus untuk menjaga kesehatan mata dan juga jaringan kulit. Ditambah dengan kandungan asam folat di dalam durian berfungsi untuk mendorong pembentukan sel darah merah yang kaya akan oksigen.

    Asam folat sangat baik untuk janin karena dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan saraf jabang bayi. Untuk kandungan lemak tak jenuh pada buah satu ini berfungsi menekan kolesterol jahat yang mengendap dalam tubuh ibu hamil.

    Jadi anggapan kadar kolesterol akan meningkat setelah mengkonsumsi buah durian yang selama ini menghantui ibu hamil, sama sekali tidak terbukti. Namun tetap ada satu hal yang wajib diperhatikan bagi ibu hamil saat akan menikmati buah durian.

    Disebabkan karena kandungan gula yang tinggi di dalam buah ini, dikhawatirkan akan menyebabkan mual dan muntah bagi ibu hamil. Dan kadar gula darah wanita hamil juga bisa meningkat secara drastic setelah mengkonsumsi si raja buah.

    “Selama periode kehamilan, pergerakan usus ibu hamil melambat. Ketika makan terlalu banyak akan mual dan muntah. Ditakutkan akan berdampak ke masalah nutrisi dan dehidrasi,” tambah dokter Benny Johan lebih lanjut.

    Hingga kini, menurut dokter Benny belum ada penelitian yang membuktikan bahwa mengkonsumsi buah durian dapat memberikan dampak pada keguguran bayi. “Jadi makan saja durian secukupnya. Belum ada penelitian yang membuktikan pengaruh durian dengan kontraksi janin,” pungkasnya.

    Konsumsi buah durian memang tidak dilarang, namun dokter Benny menganjurkan untuk ibu hamil agar mengimbangi asupan gizi dari makanan yang lain, seperti ikan, daging merah, sayuran, dan juga telur. Dan khusus untuk bumil, durian dibatasi hanya tiga biji untuk dikonsumsi sesekali, bukan setiap hari.