Pria yang Diduga Mengalami Gangguan Jiwa Ditemukan di Dalam Rumah Ketua MUI Kota Madiun


SURATKABAR.ID – Seorang pria tak diknal di temukan berada di dalam rumah Sutoyo, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Madiun. Belakangan diketahui pria itu bernama David Saputro dan diduga menderita gangguan jiwa serta memeliki riwayat sakit jiwa.

Dilansir dari kompas.com, Rabu (21/2/2018), Sutoyo menceritakan kejadian itu. Ia meyebut, orang tak dikenal itu diamankan oleh Banser Kota Madiun karena dikhawatirkan melakukan hal-hal yang tak diinginkan. Sekarang, David sudah dalam pengamanan Mapolres Madiun Kota.

“Pria itu ditangkap anggota banser saat turun dari tangga lantai dua rumah saya,” kata Sutoyo, Rabu (21/2/2018).

Sutoyo lantas menceritakan, ia melihat pria itu tepat ketika dirinya baru pulang dari dokter. Pria itu terus melihat ke arah Sutoyo. Katanya, pria tak dikenal itu seperti orang yang terkena gangguan jiwa.

Sutoyo kemudian menghubungi intel Polres Madiun Kota dan anggota Banser. Sesaat kemudian, anggota intel Polres Madiun Kota tiba dirumahnya yang disusul dengan kedatangan anggota Banser.

Sutoyo mengisahkan, anggota intel Polres mengobrol denganya sekitar satu jam lebis. Sementara anggota intel Polres pulang, Sutoyo masih mengobrol bersama dengan anggota Banser di rumahnya.

Ternyata, orang tak dikenal yang ia jumpai di jala tadi itu ditemukan tengah  turun dari tangga lantai dua rumahnya. Sontak, anggota Banser yang masih ada di kediamannya langsung mengamankan pria tak dikenal itu.

“Orang gila itu turun dari lantai dua rumah saya. Kemudian ditangkap oleh banser. Mau dipukuli tetapi saya tidak bolehkan,” papar Sutoyo.

Sutoyo pun mengaku bahwa selama tiga hari ke belakang, ia melihat ada dua orang tak dikenal dengan gerak-gerik yang tak biasa atau mencurigakan mondar-mandir di depan rumahnya yang terletak di Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun.

“Ada dua, yang satu nampak bersih pakaiannya. Yang satu pakai pakaian kayak orang gila,” ujar Sutoyo seraya mengimbau warga untuk waspada.

Terkait dengan kejadian di rumahnya itu, samapai sekarang Sutoyo masih heran bgaimana pria tak dikenal itu bibsa masuk ke dalam rumahnya. Ia berpendapat bahwa ada seseorang yang sengaja mengarahkan agar pria tersebut datang ke rumahnya.

Sutoyo sepenuhnya menyerahkan proses penyelidikan pada pihak kepolisian. Ia berharap motif dan identitas pelaku bisa diketahui.

Masih dikutip dari kompas.com, Wakapolres Madiun Kota, Kompol Mujito menjelaskan, pria yang diamankan dari rumah Ketua MUI itu bernama David Saputra (35). Sesuai KTP, alamatnya di Jalan Kartini No 61, Desa Babat, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan.

“Dari hasil pemeriksaan sementara, yang bersangkutan dari Ngawi. Orangtuanya dari Ngawi bernama Abdul Aziz dan ibunya bernama Watin,” kata Mujito.

Terkait dugaan kondisi kejiwaan David, Mujito mengatakan pihaknya akan membawa David ke rumah sakit jiwa di Ngawi.

Sementara itu, berdasarkan keterangan keluarganya, David pernah dirawat di RSJ Menur, Surabaya. David juga mimiliki kartu kuning yang membuktikan bahwa dirinya mengalami gangguan jiwa.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaHabib Rizieq Batal Pulang, Anies Disebut Kacang Lupa Kulit
Berita berikutnyaTempat Krematorium Massal, Ini 4 Kuil Misterius di Thailand