Mengecewakan! Pakai Aplikasi Peta di Smartphone, Wisawatan Yogya Alami Hal Ini


    SURATKABAR.ID – Saat akhir tahun, tak sedikit masyarakat Indonesia yang melakukan liburan ke kota lain. Seperti rombongan wisatawan asal Yogyakarta ini.

    Zain Johansyah dan rombongannya berniat menikmati sunrise di Bukit Sikunir, Kabupaten Wonosobo. Namun, mereka malah mengalami nasib apes gara-gara aplikasi peta di smartphone.

    Bukannya sampai ke tempat tujuan, rombongan ini malah tersesat. Mobil yang mereka kendarai tak sengaja masuk ke jalan desa sempit dan berlumpur.

    Peristiwa bermula ketika Zain dan rekan-rekannya berniat melihat sunrise di Bukit Sikunir. Ia sengaja berangkat pada Selasa (26/12/2017) malam, agar bisa tiba di puncak Bukit Sikunir pada Rabu pagi hari.

    Baca juga: Program Mata Najwa Kembali ke Layar Kaca, Respon Netizen Diluar Dugaan

    Karena tak tahu jalan menuju Bukit Sikunir, Zain memutuskan untuk memanfaatkan aplikasi peta yang ada di ponselnya. Siapa sangka, aplikasi itu bukan menunjukkan jalur yang benar.

    Zain dan rombongannya malah terjebak di jalan tanah sempit di Desa Sitiharjo, Kecamatan Garung, Wonosobo. Mobilnya juga tak bisa memutar balik karena kondisi jalan.

    Jalan setapak di desa ini sangatlah sempit dan hanya bisa dilalui satu mobil saja. Jalannya pun tak beraspal atau berbatu, hanya tanah berlumpur. Apalagi, di kanan-kiri jalan tersebut adalah tebing dan jurang, serta tanaman tegalan.

    Tersesat dan kebingungan, Zain akhirnya menghubungi polisi Wonosobo menggunakan nomor Call Center Polres Wonosobo. Mendapat laporan ini, polisi segera merespon dan meminta Zain mengirimkan lokasi dirinya berada. Tak berselang lama, polisi dan warga akhirnya datang menolong.

    “Mobil kemudian didorong mundur oleh polisi dan warga sekitar, karena tidak ada tempat putar balik,” terang Paur Humas Polres Wonosobo, Bripka Nanang, Rabu (27/12/2017), dilansir detik.com.

    Menurut warga setempat, peristiwa yang menimpa Zain dan rombongannya bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya, sejumlah wisatawan yang hendak ke Sikunir juga tersesat di desa tersebut.

    Baca juga: Luar Biasa! Ditipu Bus Malam dan Diturunkan di Tengah Jalan Dini Hari, Wanita Ini Malah ‘Kejatuhan Durian Runtuh’

    Untuk itu, Nanang mengimbau agar masyarakat tak mempercayai sepenuhnya aplikasi peta. Sebab, kondisi geografis Wonosobo berbukit-bukit dan menyebabkan sinyal ponsel terganggu.

    “Lebih baik tanya sama petugas polisi yang berjaga. Karena untuk libur panjang ini 2/3 anggota ditugaskan untuk berjaga di berbagai titik.” lanjut Nanang.