11 Parpol Sudah Daftar ke KPU untuk Pemilu 2019, Hanya 3 Parpol Ini yang Berkasnya Lengkap


SURATKABAR.ID – Hasyim Asya’ri yang merupakan Komisioner KPU menuturkan hingga saat ini 11 partai sudah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ada pun waktu yang tersedia bagi partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019 untuk mendaftar adalah tinggal dua hari lagi.

“Sampai dengan hari ini, ini hari ke 12 ya, sudah ada 11 partai politik yang mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2019,” ungkap Hasyim di KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Sabtu (14/10/2017), sebagaimana dilaporkan dalam reportase Detik.com.

Pada Sabtu (14/10/2017) ini, tiga partai mendatangi KPU untuk mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019. Hasyim menyebutkan, pada tahapan selanjutnya akan dilakukan penelitian administrasi.

“Untuk hari ini yang mendaftar adalah, ada Partai PKS, Gerindra, Republik dan ini tadi yang terakhir PPP. Dan selanjutnya akan dilakukan penelitian administrasi,” urai Hasyim.

Baca juga: Viral Video Perkelahian Perwira TNI AL, Anggota DPR: Polri Harus Usut Biar Menjadi Pelajaran

Menurut Hasyim, pengurus di tingkat DPC maupun kabupaten/kota dapat mendaftar setelah pengurus tingkat DPP telah resmi mendaftar. Pendaftaran di tingkat lokal dapat dilakukan dengan menyerahkan dokumen persyaratan, sepeti nama anggota hingga salinan KTA dan alamat partai.

“Kemudian sejak pengurus DPP mendaftar ke KPU, maka kemudian pengurus-pengurus di tingkat DPC atau tingkat kabupaten kota. Partai-partai yang sudah mendaftar lagi, kemudian boleh mulai menyerahkan dokumen persyaratan berupa daftar nama anggota dan salinan fotocopy KTA dan KTP di KPU kabupaten kota,” sebut Hasyim.

Partai politik yang akan mengikuti Pemilu 2019 diberi waktu untuk mendaftar serta menyerahkan syarat pendaftaran dan kelengkapan dokumen hingga 16 Oktober mendatang. Selanjutnya, pada 17-25 November mendatang, KPU akan melakukan penelitian administrasi di tingkat kabupaten/kota.

Sementara itu, mulai 15 Desember 2017 hingga 4 Januari 2018, KPU akan melakukan verifikasi faktual tingkat kabupaten/kota. KPU akan menetapkan parpol peserta Pemilu 2019 pada 17 Februari 2018.

Baru 3 Parpol yang Berkas Pendaftarannya di KPU Lengkap

Diketahui bahwa dari sebelas partai yang mendaftar, baru tiga partai yang dokumen persyaratannya dinyatakan lengkap.

“Dari 11 partai mendaftar yang dinyatakan lengkap ada 3, Perindo, NasDem dan PAN,” kata Hasyim, di KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Sabtu (14/10/2017).

Kata Hasyim, pemeriksaan dokumen persyaratan saat ini belum memasuki ranah memenuhi syarat atau tidak. Namun pemeriksaan untuk memeriksa kelengkapan dokumen, dokumen yang lengkap maka akan diberikan tanda terima.

“Jadi mendaftar inikan diteliti diperiksa kelengkapan jadi belum masuk pada ranah memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat. Jadi ranahnya adalah sudah lengkap atau belum,” imbuh Hasyim.

“Berdasarkan dokumen persyaratan yang disampaikan itu, yang pertama dinyatakan lengkap dan sudah diberikan tanda terima Perindo, kemudian yang berikutnya lagi tadi malam NasDem, dan yang ketiga PAN. Sampai tadi subuh jam setengah 4 (memeriksa dokumen),” tambahnya.

Hasyim mengingatkan parpol yang dokumen persyaratannya belum lengkap, untuk segera melengkapi. Hingga batas akhir yang ditentukan.

“Bagi yang belum lengkap masih ditunggu sampai dengan batas akhir masa pendaftaran, hari Senin tanggal 16 (Oktober) sampai dengan jam 24 malam,” urainya lagi.

Baca juga: 5 Kado Istimewa dari Ahok untuk Warga Jakarta, Apa Saja?

Ada pun 11 partai yang sudah mendaftar adalah Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), PDIP, Hanura, PAN, NasDem, Partai Berkarya, Partai Republik, Gerindra, PPP, dan Partai PKS.