Picu Diabetes Hingga Kanker, Ini Penjelasan Ahli Tentang Nasi yang Dipanaskan Dalam Rice Cooker


    SURATKABAR.ID – Tak hanya berita hoax tentang dunia politik saja yang meramaikan media akhir-akhir ini. Bahkan berita berisi informasi kesehatan juga menghebohkan masyarakat. Seperti larangan memanaskan nasi secara terus menerus menggunakan rice cooker karena memicu penyakit berbahaya.

    Tak dapat diketahui pesan yang menyebutkan kebiasaan memanaskan nasi dalam rice cooker dapat memicu diabetes hingga kanker tersebut bermula pertama kalinya. Meski belum dapat dipastikan kebenarannya, namun tak sedikit masyarakat yang mempercayai hal tersebut.

    Lantaran hal inilah, pakar gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc mencoba memberikan penjelasan sesungguhnya tentang berita yang tersebar melalui aplikasi WhatsApp beberapa waktu terakhir, seperti dilansir Antaranews.com.

    Menurutnya, nasi memiliki nilai indeks glikemik yang terbilang cukup tinggi. Namun meskipun demikian, nasi tak hanya dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh, tetapi juga bisa membantu menurunkannya secara signifikan.

    Baca Juga: Muhaimin Iskandar Dianugerahi Gelar Doktor HC, Begini Komentar Nyelekit Dosen Unair

    Disebutkan kebiasaan memasak nasi dengan menggunakan rice cooker dan membiarkannya cukup lama di dalam untuk menjaga kesegaran nasi, ternyata dapat menyebabkan terjadinya gelatinisasi. Dan salah satu dampaknya adalah dapat meningkatkan nilai indeks glikemik secara cepat.

    “Nasi memiliki nilai indeks glikemik yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Bila terlalu lama dimasak akan menyebabkan proses gelitinisasi sehingga akan menurunkan kadar seratnya dan meningkatkan nilai indeks glikemik,” terang Saptawati Bardosono, dikutip dari Antaranews.com, Rabu (4/10/2017).

    Jika seseorang mengonsumsi makanan yang mengandung tingkat glikemik tinggi, maka dapat memicu penyakit diabetes dalam jangka panjang. Hal tersebut didukung dengan sejumlah penelitian yang menunjukkan indeks glikemik tinggi berisiko meningkatkan obesitas, penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

    Untuk meminimalisir risiko terhadap kesehatan, Saptawati menyarankan kepada masyarakat, sebaiknya segera mengonsumsi nasi yang telah dimasak. Jika perlu, hindari memasak nasi terlalu berlebihan hingga bersisa dan akhirnya kembali dipanaskan terus menerus dalam rice cooker.

    “Dengan mendinginkan nasi maka proses tersebut dapat dihentikan sehingga tidak akan meningkatkan indeks glikemik. Nasi sekali masak untuk langsung dikonsumsi,” tambah Saptawati lebih lanjut.