Gempar! BNN Temukan Sel Mewah Bak Kamar Hotel dengan AC, Wifi, Akuarium dan Napi Ngedrugs di Lapas Ini


SURATKABAR.ID – Sebuah sel mewah yang ditempati narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang, Jakarta Timur, berhasil ditemukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Penemuan itu terjadi saat tim penyidik tindak pidana pencucian uang BNN melakukan penggeledahan di ruang sel Lapas Cipinang pada 31 Mei 2017 yang dihuni terpidana atas nama Haryanto Chandra alias Gombak,” jelas Kepala BNN Komjen Budi Waseso (Buwas), di Kantor BNN, seperti dikutip dari Antara via Tribun, Rabu (14/6/2017).

Haryanto Chandra alias Gombak adalah seorang narapidana Lapas Cipinang kelas IA yang telah divonis penjara selama 14 tahun. Ia kini merupakan salah satu tersangka pencucian uang sebesar Rp 39 miliar dari hasil tindak pidana narkotika.

Dengan terungkapnya keberadaan sel mewah tersebut, penyidik BNN juga menemukan keberadaan beberapa barang seperti satu unit laptop, satu unit iPad, empat unit telepon genggam, dan satu unit token.

Baca juga: Tak Terima Dituduh sebagai Pemilik Web ‘Baladacintarizieq, Pria Ini Lapor Polisi

Masih dalam pengusutan yang sama, BNN juga menemukan aktivitas para narapidana yang tengah menghisap sabu di dalam sel.

“Dalam penggeledahan tersebut terlihat situasi ruangan sel yang tidak seperti ruangan sel pada umumnya. Di ruangan tersebut terdapat AC, CCTV yang bisa memonitor setiap orang yang datang, wifi, akuarium ikan arwana, dan menu makanan spesial,” imbuh Buwas.

Diketahui, Haryanto Candara narapidana 14 tahun penjara akibat kasus narkoba. Barang bukti lebih dari Rp 27 miliar juga didapatkan di sel yang luar biasa mewah tersebut.

Sedangkan LTT, penghuni Lapas Mandaeng, Surabaya terlibat kasus kepemilikan 40 butir ekstasi dan kasusnya masih dalam tahapan persidangan. Baik Haryanto Candara maupun LTT kini juga merupakan tersangka kasus Tindak Pidana Pencucian Uang.

“Ingat ini bukan kasus rekayasa, ini benar-benar terjadi di Indonesia, para tersangka memanfaatkan situasi,” tukas Budi Waseso.

Baca juga: Soal Teror yang Dialaminya, Novel Buka-bukaan dalam TIME: “Setelah Saya, Siapa Berikutnya?”

Bahkan ironisnya, di ruang sel lapas ini pula Haryanto Candara bisa mengonsumsi sabu bersama para koleganya.

Simak videonya di sini.