Margarito Mengungkap Cara Singkat Membubarkan HTI Tanpa Harus Lewat Pengadilan


SURATKABAR.ID – Pakar hukum tata negara Margarito Kamis mengungkapkan jika ada jalan singkat untuk membubarkan ormas yang dianggap berseberangan dengan Pancasila dan UUD 1945. Menurutnya, jika menggunakan cara yang diusulkannya tersebut, ormas bisa dibubarkan tanpa perlu proses pengadilan.

Margarito menyatakan jika ormas yang bertentangan dengan Pancasila bisa diberangus tanpa ke pengadilan dengan cara menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu).

Ia berpendapat jika perppu itu bisa memuat ketentuan-ketentuan yang mengesampingkan ketentuan UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas. UU itu memang mengatur prosedur panjang untuk membubarkan ormas.

Baca Juga: Polwan Cantik Ini Mengungkap Pengalamannya Saat Jadi Ajudan Prabowo

“Kalau pemerintah mau membubarkan segera maka harus membuat perppu dan ketentuan di dalamnya mengesampingkan ketentuan-ketentuan yang sementara berlaku,” ujar dia di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (20/5/2017), dikutip dari jpnn.com.

Ia melanjutkan jika konstitusional atau tidaknya perppu tersebut bisa dilihat dari respon DPR. Pasalnya, DPR bisa menolak ataupun menerima perppu tersebut.

Hal paling utama menurut Margarito adalah kemampuan pemerintah untuk mencari alasan yang sifatnya genting hingga memaksa terbitnya perppu tersebut. Meski demikian Margarito mencium gelagat jika pemerintah masih belum bisa menemukan alasan kegentingan yang memaksa.

Margarito mengungkapka jika belakangan ini ia melihat Kapolri Jenderal Tito Karnavian sedang berupaya mencari fakta-fakta yang akan digunakan untuk membubarkan Hibuz Tahrir Indonesia (HTI).

Akan tetapi Margarito menilai pemerintah belum menemukan fakta-fakta tersebut, sehingga belum melangkah ke proses hukum.

“Ya sudah, presiden pakai itu analisis (temuan Polri sebagai dasar penerbitan perppu, red). Pertanyaannya pemerintah berani atau enggak, punya alasan atau tidak?” pungkas pria asal Ternate tersebut.

Seperti diketahui, belakangan pemerintah berusaha untuk menindak ormas-ormas yang dianggap bertentangan dengan Pancasila. Salah satu ormas yang jadi sasaran pemerintah untuk dibubarkan adalah HTI.