Waspada! Ini Ciri Komputer yang Terinfeksi Ransomware WannaCRY


SURATKABAR.ID – Dunia internet kini tengah dihebohkan dengan sebuah virus ransomware bernama WannaCRY. Sedikitnya 150 negara telah terjangkit serangan WannaCRY.

Di Indonesia, WannaCRY mendadak ramai dibicarakan setelah virus ini berhasil menyerang sejumlah rumah sakit sejak Jumat (12/5/2017). Rumah Sakit Dharmais merupakan salah satu korban virus tersebut.

Tak cuma itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga mengeluarkan peringatan mengenai serangan siber ini beserta cara mencegahnya. Himbauan pencegahan juga dituliskan secara detail untuk mencegah penyebaran.

Dilansir KompasTekno dari HackerNews, terdapat sejumlah ciri khusus yang menandakan bahwa sebuah komputer telah terinfeksi WannaCRY. Apa saja?

Baca juga: Rizieq Terbang ke Saudi Lagi, Begini Kata Pengacara

Muncul pop-up

Ketika komputer telah terinfeksi WannaCRY, akan muncul sebuah pop-up window yang menampilkan pesan bahwa data pemilik komputer telah dienkripsi.

Pop-up ini juga menampilkan sejumlah informasi bagaimana cara agar semua data bisa kembali dan meminta sejumlah tebusan beserta cara membayarnya. Di sisi kiri terpampang waktu yang menunjukkan masa tenggat pembayaran.

Tak cuma dalam bahasa Inggris, pop-up ini juga menampilkan pesan berbahasa Indonesia. Bahkan, terdapat lebih dari 25 bahasa yang mampu ditampilkan oleh virus ini.

Tampilan wallpaper berubah

Selain menampilkan pop-up berisi pesan, WannaCRY juga akan mengubah tampilan wallpaper Windows. Komputer yang terjangkit, dilayar akan terpampang tulisan berjudul “Ooops, your important file are encrypted”.

Dalam tampilan ini tertulis bahwa pengguna harus menemukan dan menjalankan file bermana @[email protected] dan melakukan apa yang tertulis jika ingin file mereka kembali.

Data tak bisa diakses

WannaCRY cukup merepotkan karena data yang tersimpan tak akan bisa diakses. Jangankan untuk mengubah isi data, sekedar melihat dan membaca isinya pun tak bisa dilakukan.

Hingga kini, tak ada cara ampuh untuk mengatasi Ransomware WannaCRY. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan hanyalah dengan mencegah persebaran virus ini ke perangkat lain.

Berikut video yang menunjukkan ciri-ciri komputer telah terjangkit Ransomware.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaRizieq Terbang ke Saudi Lagi, Begini Kata Pengacara
Berita berikutnyaAda Tulisan Indochina di Bandara, Netizen Heboh