Ternyata Nyamuk Miliki Cara Terbang Berbeda dengan Serangga atau Hewan Terbang Lainnya


© filmflies.com

SURATKABAR.ID – Keberadaan nyamuk memang kerap mengganggu, terutama di saat malam hari. Kita semua tahu bahwa suara mengerikan dari serangga pengisap darah ini selalu terdengar di telinga dan akan terus berdengung walaupun sudah coba diusir berulang kali karena mereka mampu terbang cepat.

Namun, apakah Anda tahu bagaimana cara nyamuk terbang? Tentunya jawaban awam adalah dengan menggunakan sayap. Memang jawaban itu benar, akan tetapi beberapa peneliti telah menemukan jawaban lebih ilmiah tentang bagaimana cara nyamuk itu terbang.

Sebuah tim yang berisikan beberapa ilmuwan mampu menguak cara nyamuk terbang. Menurut mereka, terbangnya nyamuk berbeda dengan terbangnya hewan-hewan lain pada umumnya.

Seperti yang sudah diulas di Gizmodo.com (1/4/2017), dalam penelitian yang menggunakan delapan kamera untuk menangkap obyek dengan kecepatan tinggi ini, para ilmuwan akhirnya mampu mendapatkan jawaban tentang cara nyamuk terbang.

Dengan menggunakan kamera-kamera itu, mereka mengambil gambar nyamuk yang sedang terbang dari berbagai sudut dan kemudian menganalisisnya berdasarkan setiap kepakan sayapnya. Dari hasil foto tersebut, para ilmuwan kemudian mampu menerapkan pengamatan mereka untuk persamaan dinamika fluida dan melacak cara pergerakan udara di sekitar sayap.

Dua hal utama yang membedakan nyamuk dari kebanyakan hewan terbang lainnya adalah irama kepakan sayapnya yang cepat mampu mencapai titik 700MHz dan setiap kepakannya berada dalam kurang dari 40 derajat. Para peneliti mengidentifikasi bahwa hal itu sebagai amplitudo terkecil yang diukur untuk setiap hewan yang melayang.

Menurut para peneliti, nyamuk mampu melakukan gerakan sayap yang berbeda dari serangga atau hewan terbang lainnya, yaitu dengan mengangkat serta memutar sayapnya agar dapat membawa tubuhnya terbang.

Namun, nyamuk tidak mengepakkan atau memutar seluruh sayapnya saat terbang dengan beritik rotasi pada pangkal sayap yang menempel pada tubuh. Metodenya mirip dengan ketika seseorang mendayung perahu. Dengan cara ini, nyamuk mampu memaksimalkan kepakan yang sangat cepat dalam waktu singkat.

Dengan mengambil dasar peneliti ini, maka kembali ditemukan perspektif evolusi serangga yang sampai sekarang masih belum diketahui pasti, salah satunya adalah cara terbang nyamuk.