Berbekal Kondom, Begini Cara Penipu Kelabui Korbannya


SURATKABAR.ID – Sebuah trik aneh dilakukan sekelompok penipu untuk mengelabui korbannya. Mereka hanya berbekal karet kondom dan alumunium yang dimodifikasi untuk menipu banyak orang.

Gunadi (37) bersama komplotannya meletakkan alat buatan tangan tersebut diatas lidah. Ketika ditiup, alat tersebut bisa menghasilkan bunyi yang mirip suara burung beo.

Saat sasaran pembeli datang, Gunadi akan mencoba mendekatinya, temannya yang lain akan mengeluarkan burung beker yang mirip beo dari dalam tas.

Ia kemudian terus-menerus meniup alat yang dibawanya itu untuk mengeluarkan bunyi burung beo agar pembeli tertarik. Trik ini juga dilakukan untuk meyakinkan target mereka.

“Saya beli burung beker Rp 175 ribu, saya jual paling murah Rp 2,5 juta. Pernah ada yang membeli Rp 4 juta,” tutur Gunadi di Mapolsek Gayungan, dilansir tribunnews.com.

Baca juga: Terungkap! Ini Latar Belakang Relawan Ahok yang Bawa Sangkur ke Ruang Sidang

Gunadi menuturkan, ia bersama enam temannya biasa beraksi di Cito Plasa dan Terminal Bungurasih. Mereka telah berhasil mengelabui ratusan orang sejak 2014 silam.

“Saya tidak ingat pasti berapa burung beker yang sudah terjual, ya mungkin 100 lebih. Saya tidak sendirian,” lanjutnya.

Aksi penipuan berbekal kondom ini mulai terbongkar ketika Zudsi Andreansyah (39) tertangkap di Cito Plasa. Polisi kemudian bergerak cepat dan menangkap Gunadi di rumahnya.

“Kedua pelaku kami tangkap atas laporan korban MK, warga Jatipurwo, Kendal, Jawa Tengah,” ujar Kapolsek Gayungan Kompol Esti S Oetami.

Esti menuturkan, saat beraksi komplotan ini biasanya menyasar orang luar kota Surabaya. Mereka juga tak segan untuk berkenalan terlebih dahulu untuk memastikan asal korban.

Selanjutnya, mereka akan beraksi dengan peran masing-masing, termasuk menawarkan burung, meniup peluit, atau membujuk korban untuk membelinya.

“Tersangka Gunadi sebagai peniup bunyi burung beo dengan mulut. Sedangkan Zusdi berperan sebagai pembawa burung dan menerima uang transaksi pembelian,” ungkap Esti.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaTerungkap! Ini Latar Belakang Relawan Ahok yang Bawa Sangkur ke Ruang Sidang
Berita berikutnyaNASA Bakal Gunakan Drone untuk Jelajahi Mars