Uranus, Planet Es Penuh Misteri yang Patut untuk Dieksplorasi Lebih Lanjut


© newinterestingfacts.com

SURATKABAR.ID – Sistem tata surya kita memang hal yang menarik untuk dipelajari karena masih banyak tempat-tempat yang masih menjadi misteri di sana. Salah satu contohnya adalah planet Uranus yang merupakan planet ke delapan dalam sistem tata surya kita.

Saat terlihat dalam foto, Uranus begitu sedih dan sangat kesepian. Meskipun ditemukan pada tahun 1781, planet ini belum pernah dikunjungi. Awal kali dilakukan penjelajahan ke Uranus dilakukan pada tahun 1986, yakni oleh Voyager 2. Itu pun hanya terbang melintasi planet saja.

Uranus adalah salah satu planet terdingin di tata surya kita, dengan suhu terendah -224 derajat Celcius. Planet ini dicakup oleh dua set cincin gelap dan dikelilingi oleh 27 bulan dinamai Shakespeare. Dengan garis khatulistiwa sepanjang 15.882 mil, Uranus tetap diabaikan dan kurang dihargai. Itulah kenapa sekarang dapat dikatakan adalah waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan kembali ke planet tersebut.

Dikutip dari Gizmodo.com (24/3/2017), pekan lalu di 48th Lunar and Planetary Scince Conference di The Woodlands, Texas, tim peneliti mempresentasikan poster yang merinci konsep untuk misi Uranus Orbiter, “OCEANUS.”

Tim yang dipimpin oleh Ali M Branson dari University of Arizona ini mengusulkan agar NASA dapat meluncurkan pesawat ruang angkasa pada tahun 2030 dan akan mencapai Uranus di 2041.

Dibantu oleh dua gravitasi dari Venus dan  Bumi, pesawat tersebut akan mempelajari batuan Uranus serta kemiringan magnetosfer-nya. Selama ini, hanya Neptunus yang memiliki medan magnet sama miringnya.

Sebuah misi untuk Uranus akan tidak hanya menjawab banyak pertanyaan yang beredar tentang es raksasa yang ada di sana, melainkan juga dapat membantu mendapatkan informasi tentang planet tersebut secara detail.

Menurut Amara Graps, Senior Scientist di Planetary Science Institute, Uranus memiliki kandungan es raksasa yang terdiri dari oksigen, karbon, nitrogen, dan sulfur. Dan menjadi satu pengalaman yang indah jika dapat mengetahui lebih jelas bagaimana keadaan di sana.