Gempar! Survei Kinerja Menteri Susi Pudjiastuti Dinilai Nyentrik, Hasil Anies Mengagetkan


SURATKABAR.ID – Berdasarkan hasil survei Indo Barometer, sebanyak 26,3 responden menyatakan memilih Susi Pudjiastuti sebagai menteri dengan kinerja terbaik. Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, dinilai merupakan menteri dengan kinerja paling baik dibandingkan menteri lainnya dalam Kabinet Kerja.

“Bu Susi ada saja caranya untuk masuk media. Terakhir dia naik mobil pick up,” kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari dalam diskusi “Evaluasi Publik 2,5 Tahun Pemerintah Jokowi-JK” di Jakarta, Rabu (22/3/2017). Demikian sebagaimana dilaporkan dalam Kompas Nasional.

Dikatakan Qodari, meski tampak nyentrik, namun Susi Pudjiastuti dianggap paling cakap untuk memimpin bidang tersebut.

Sementara itu, menempati urutan kedua, terdapat nama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dengan angka 12,3 persen.

Baca juga: Bikin Heboh Lagi, Kini Menteri Susi Naik Bak Mobil Pikap

Yang menggemparkan dan bikin kaget, nama Anies Baswedan malah masih dipilih masyarakat sebagai salah satu menteri dengan kinerja terbaik pada urutan ketiga.

Padahal, Anies Baswedan telah dicopot dari jabatannya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Posisi tersebut kini dijabat oleh Muhadjir Effendy.

“Menarik, masih muncul nama Anies. Sepertinya banyak yang tidak tahu Anies sudah tidak di kabinet lagi,” tutur Qodari.

Selanjutnya, di urutan keempat dan seterusnya berurutan disebutkan nama Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (8,3 persen), Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek (8,2 persen), mantan Menteri ESDM Archandra Tahar (6,4 persen), dan Menteri Ekonomi Sri Mulyani (4,4 persen).

Kriteria Penilaian

Dalam survei tersebut, dikatakan responden memilih menteri yang kinerjanya baik karena selama ini Susi Pudjiastuti dinilai bisa memberantas pencurian ikan, berdasarkan data dari 17,4 responden yang memilih.

Selain itu, ketegasan Susi Pudjiastuti juga dijadikan pertimbangan responden yang memilih dengan angka 13 persen. Selanjutnya, 10,1 persen responden memilihnya dikarenakan alasan kinerjanya bagus.

Selebihnya, sebanyak 8,1 persen responden menyebutkan bahwa seorang menteri dapat dikatakan mempunyai kinerja yang baik karena mampu menambah kuota haji.

Baca juga: Wah! Soal Masalah Nama Pulau, Menteri Susi Tegas Tentang Pernyataan Luhut

“Ternyata menambah kuota haji jadi isu yang populer. Ada juga yang memberi alasan jemaah haji lebih tertib,” ungkap Qodari.

Adapun survei Indo Barometer dilakukan di 34 provinsi dalam kurun 4-14 Maret 2017. Jumlah responden 1.200 dengan margin of error kurang lebih 3 persen. Dalam survei tersebut, beberapa pertanyaan diajukan secara terbuka sehingga responden bisa menulis sendiri jawabannya dengan lebih leluasa.