KSAD Ancam Pecat Kolonel dan Prajurit TNI, Ada Apa?


SURATKABAR.ID – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono menyatakan dirinya tak akan segan memecat anak buahnya, apapun pangkat mereka. Jika memang terbukti terlibat dalam penyelundupan narkotika dari Cina.

Mulyono mengaku, hingga kini pihaknya belum menerima laporan adanya keterlibatan oknum TNI.

“Kalau terbukti kami pecat. Kolonel saja saya pecat apalagi prajurit. Kalau tentara tidak bisa main-main. Rehabilitasi enggak perlu tentara,” ujarnya di Mabes TNI, dilansir kompas.com.

Mulyono melanjutkan, anggota TNI yang terlibat narkoba berarti telah melalaikan sumpah prajurit dan Sapta Marga. Oleh karena itu, tak akan ada kompromi bagi anggota TNI yang terlibat.

Baca juga: Suami Tewas Karena Oknum Polisi, Curhatan Wanita Ini Dijawab Akun Polres Bogor

“Saya enggak main-main soal narkoba karena kita tahu dampaknya seperti apa,” imbuhnya.

Dalam rangka menghindari masuknya narkoba ke kalangan TNI, Mulyono kerap melakukan inspeksi di asrama TNI. Selain itu, pihaknya juga kerap melakukan tes urin ketika melakukan sidak.

“Kami sekarang sedang pembersihan ke dalam. Sidak terus ke asrama. Urin kami sidak,” ujarnya.

Dugaan keterlibatan oknum TNI ini bermula ketika Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba dari Cina. Narkoba tersebut rencananya akan di pasarkan di Medan, Sumatera Utara.

BNN dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai meyita 48,16 kg sabu, 3.702 butir ekstasi, dan 454 pil happy five dari penyergapan itu.

Saat pengejaran, BNN berhasil mengamankan SY (45) yang berperan sebagai koordinator kurir dan AM (32) sebagi penerima barang.

Kedua pelaku ini berhasil ditangkap dirumah HAB yang merupakan anggota TNI. Dirumah yang terletak di daerah Medan Sunggal ini, selain SY dan AM juga ada ZAK yang merupakan adik HAB.

Namun, saat penangkapan HAB tidak berada di lokasi. Hingga kini HAB tak diketahui keberadaannya. BNN juga telah berkoordinasi dengan komando militer dan polisi militer (POM) TNI AD untuk menyelesaikan kasus tersebut.


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaFacebook Luncurkan Aplikasi Berbasis VR, Facebook 360
Berita berikutnyaIni Cara Gunakan Perangkat Android Sebagai Alat Pelacak