Kini, Anda Dapat Bertanya ke Google dan eBay Kisaran Harga Rata-rata untuk Suatu Barang yang Akan Dijual


© geekwire.com

SURATKABAR.ID – Mungkin selama ini, ketika akan menjual barang secara online, Anda akan menerka-nerka sendiri berapa kisaran harga barang yang akan Anda jual atau melihat harga rata-rata di pasaran.

Namun sekarang ini ada satu terobosan baru yang coba dikembangkan Google, yaitu Anda dapat bertanya ke produk perusahaan tersebut, Google Home, untuk mengetahui kisaran harga untuk barang yang Anda jual.

Terobosan baru ini merupakan hasil kerja sama antara Google dan eBay dengan membawa efisiensi dan kepraktisan dalam berjual beli secara online.

Seperti yang diwartakan di Cnet.com (8/3/2017), pihak Google menjelaskan bahwa mereka dan eBay tengah membuat satu inovasi baru yang dinamakan Shopbot. Inovasi tersebut diperkenalkan pertama kali saat diadakannya Google’s Next Conference di San Francisco dan menjelaskan bahwa Shopbot akan terintegrasi dengan jaringan cloud computing.

Dalam demonya, Chif Product Officer dari eBay, RJ Pittman, mencoba Shopbot dengan bertanya langsung ke Google Home terkait harga barang yang akan dijualnya.

Shopbot akan memulai pembicaraan dengan memperkenalkan dirinya dan berkenan membantu untuk memberi kisaran harga suatu barang yang dijual.

“Hi, Saya eBay, Saya adalah patokan harga dunia. Anda dapat bertanya apa saja terkait harga barang,” jelas mesin chatbot eBay melalui speaker.

Kemudian Pittman bertanya berapa kisaran harga rata-rata untuk kamera yang sedang dia bawa saat itu. Kemudian, chatbot eBay kembali menanyakan mengenai spesifikasi, merk sampai dengan kondisi dari barang yang akan dijual dan langsung memberitahukan harga rata-rata dari kamera milik Pittman tersebut.

Setelah melakukan demonya, baik pihak eBay atau Google menjelaskan bahwa di era digital ini, cloud computing sangat penting dan dapat membantu memudahkan aktivitas siapa saja.