Ngeri! Pyongyang “Sandera” Warga Malaysia di Korut


    SURATKABAR.ID – Hubungan diplomatik Korea Utara dan Malaysia memburuk setelah kasus kematian Kim Jong Nam akibat serangan di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA). Bukan hanya saling mengusir dubes dari negaranya, kabar terbaru menyebut Pyongyang saat ini “menyandera” warga Malaysia.

    Dilansir kompas.com dari Reuters, Selasa (7/3/2017), Pyongyang merilis keputusan yang cukup membuat heboh, yakni melarang warga negara Malaysia yang kini berada di Korea Utara pulang ke negaranya.

    Pyongyang mengatakan larangan ini dilakukan untuk memastikan keselamatan para diplomat dan warga Korea Utara yang saat ini masih berada di Malaysia. Untuk sementara waktu, setiap warga Malaysia tidak diijinkan meninggalkan Korea Utara untuk menjamin hal tersebut.

    Hal ini, tentu akan berbuntut panjang dan mempertajam ketegangan yang terjadi antar kedua negara.

    Baca juga: Dampak Kasus Kim Jong Nam, Korea Utara-Malaysia Saling Usir Dubes

    Namun, Kementerian Luar Negeri Korea Utara menyatakan pihaknya telah memberitahukan alasan larangan ini pada Kedubes Malaysia di Pyongyang.

    Menurut kantor berita resmi Korea Utara, KCNA, pengumuman yang membuat heboh ini dikeluarkan untuk mengukur kadar hubungan kedua negara.

    Mereka juga berharap kasus kematian Kim Jong Nam dapat segera diselesaikan dengan baik, sehingga hubungan bilateral antara Malaysia dan Korea Utara dapat terus berlanjut.

    Setelah pengumuman ini dikeluarkan Pyongyang, Malaysia membalasnya dengan hal yang sama, yakni mencegah dan menangkal warga Korea Utara yang ingin kembali ke negaranya.

    Bahkan, Kementerian Luar Negeri Malaysia juga menyebut, seluruh staf Kedutaan Besar Korea Utara di Kuala Lumpur juga dilarang untuk meninggalkan Malaysia dengan alasan apapun.

    “Tidak ada pejabat atau pegawai dari Kedubes Korut yang diperbolehkan untuk meninggalkan negara ini,” ungkap Kementerian Luar Negeri┬áMalaysia, dilansir kompas.com.

    Wakil Perdana Menteri Malaysia, Ahmad Zahid Hamidi, juga membenarkan adanya pengumuman tentang larangan ini.

    Baca juga: Lulung Dukung Anies-Sandi, Reaksi Djan Faridz Sungguh Mengejutkan

    Hubungan buruk antara Malaysia dan Korea Utara yang diawali kasus kematian Kim Jong Nam ini makin memanas setelah kedua negara saling mengusir dubes dari negaranya.