Ini Komentar Ahok Terkait Kedatangan Raja Salman


SURATKABAR.ID – Menyikapi kunjungan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berharap agar kedatangan orang nomor satu dataran Arab tersebut memberikan keuntungan bagi Indonesia. Ahok bahkan berharap agar kuota haji warga muslim Indonesia di kemudian hari bisa meningkat oleh karena kedatangan Raja Salman.

Seperti dikutip dari laman Kompas, Ahok mengatakan, “Minimal kuota untuk naik haji, ditambah dong,” tukasnya saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (27/02/2017).

Pejabat petahana tersebut juga berulang kali memberikan komentar berisi harapannya mengenai keterbatasan kuota haji. Ia juga mengungkapkan keprihatinannya terkait lamanya waktu tunggu dalam menunaikan ibadah haji.

Sehubungan dengan keprihatinannya tersebut, Ahok sempat meminta kepada Lukman Hakim Saifudin selaku Menteri Agama untuk membuat aturan pembatasan bagi warga yang sudah naik haji agar tidak berangkat haji lagi.

Baca juga: Presiden Jokowi Diminta Tagih Janji Raja Salman

Permintaan tersebut dimaksudkan tak lain untuk memberi kesempatan bagi warga muslimin dna muslimah lainnya yang ingin menunaikan ibadah haji.

Sementara itu, perihal kesiapan Pemprov DKI Jakarta dalam menyambut Raja Salman, Basuki mengatakan hal itu tidak diketahuinya secara rinci.

“Saya enggak tahu, Biro KDH KLN [Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri] yang atur,” imbuh Basuki.

Sebagaimana diketahui, Raja Salman akan berkunjung ke Indonesia pada tanggal 1-9 Maret 2017 mendatang. Menurut informasi resminya, Raja Salman akan membawa serta serombongan besar satuan yang terdiri dari 1.500 orang. Ini mencakup 10 menteri dan 25 pangeran.

Raja Salman yang merupakan raja ketujuh dari Arab Saudi ini akan bertemu Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Mereka dijadwalkan untuk langsung melakukan kongres bilateral di Istana Bogor.

Selanjutnya, Raja Salman juga akan berjumpa dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pimpinan DPR, para pengusaha asal Arab Saudi, juga berkunjung ke Masjid Istiqlal.

Baca juga: Pengacara GNPF-MUI Akan Bertemu Protokoler Raja Salman, Ada Apa?

Setelah selesai melakukan berbagai pertemuan kenegaraan di Jakarta, Raja Salman direncanakan akan berlibur ke Bali pada 4 hingga 9 Maret 2017.

Kunjungan ini menoreh pengaruh besar dalam histori Bangsa Indonesia, mengingat kedatangan terakhir dari Raja Saudi Arabia sebelumnya terjadi 47 tahun lalu, di tahun 1970.