Keren! Disney Temukan Solusi Pengisian Daya Tanpa Kabel


Perangkat yang dilibatkan untuk penelitian wireless charging

SURATKABAR.ID – Teknologi masa depan untuk pengisian daya berbasis tanpa kabel (wireless charging) telah ditemukan Disney dalam penelitian terbarunya. Ini merupakan suatu metode baru bagi transmisi pengisian daya yang secara otomatis dapat mengisi perangkat smartphone saat pengguna memasuki ruangan.

Ketua penelitian dari Disney Research yakin bahwa kehadiran wireless charging ini akan menguntungkan banyak pihak.

“Ini merupakan metode inovatif baru yang akan bisa ditemukan di mana-mana seperti halnya Wi-Fi. Kedepannya, akan menguntungkan bagi pengguna robot dan perangkat kecil seperti smartphone yang tidak lagi mengganti baterai maupun memerlukan kabel untuk mengisikan daya”, kata Sample, dikutip dari New Atlas.

Bukan berarti tanpa cela. Dalam perkembangannya ke depan, wireless charging akan dihadapkan dua persoalan yaitu jangkauan dan kesehatan. Pada teknologi ini akan digunakan metode transfer radiatif yang biasa digunakan pada komunikasi radio.

Hal ini ternyata malah membutuhkan perhatian lebih untuk alasan kesehatan maupun keamana. Di sisi lain, metode non-radiatif dianggap lebih aman yang memerlukan perangkat lebih untuk bisa ditempatkan dekat sumber pengisian daya.

Mengatasi permasalah ini, Disney Research menemukan metode yaitu Quasistatic Cavity Resonance (QSCR) yang menginduksikan listrik pada stuktur logam yang tertutup. Penelitian ini didemonstrasikan dalam ruangan sebesar kurang lebih 5×5 meter dengan tembok berlapis aluminium serta langit-langit dan lantai yang berbingkai aluminium pula. Disiapkan pula tiang pancang tembaga dengan sedikit jarak tempat kapasitor selipkan, yang kemudian ditempatkan di tengah-tengah ruangan.

Merujuk pada panduan keamanan, dua hal perlu diperhatikan seperti batasan daya yang akan tersalur melalui ruangan serta jumlah peralatan yang signifikan yang harus ditempatkan di dalam ruangan. Daya yang aman digunakan di dalam ruangan sebesar 1.9 kW untuk penerimaan sebesar 90 persen.

Sedangkan daya sebesar 10 W dapat ditransmisikan dengan aman di ruangan. Untuk kapasitas yang lebih besar, metode standar seperti real-time power tracking dapat digunakan untuk memastikan keamanan dari seluruh pengoperasian ini. Tembok yang penuh hiasan akan diaplikasikan untuk memastikan pengguna agar tidak melakukan kontak dengan tiang pancang sepancang 46cm.

Pada teknologi yang masih terhitung awal ini para peneliti percaya bahwa ini akan berpotensi menggantikan baterai dan kabel. Teknologi ini akan dikenalkan terlebih dahulu pada taman hiburan Disney.