Ini Yang Dibisikkan Ahok Ke Saksi Pelapor Saat Saling Berpelukan


    SURATKABAR.ID – Muhammad Asroi Saputra merupakan salah satu saksi pelapor atas tuduhan dugaan kasus penistaan agama oleh terdakwa Ahok (Basuki Tjahaja Purnama). Ia memberikan kesaksiannya di sidang yang dihelat di Auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, hari ini, Selasa (24/01/2017).

    Meski sempat mendapat teguran dari Hakim karena sebelum memberikan kesaksian Asroi secara spontan meneriakkan takbir, ada pemandangan yang lebih menarik lagi seusai Asroi memberikan keterangan.

    Seperti dilaporkan dalam Tribun, seusai memberikan kesaksian, Asroi kemudian menyalami majelis hakim. Sehabis majelis hakim, Asroi menghampiri dan menyalami Ahok. Hal tersebut terjadi setelah Ahok menyampaikan keberatan atas kesaksian Asroi.

    Sembari menyalami, Asroi langsung mencoba memeluk Ahok. Dalam pelukan tersebut, Ahok menyampaikan dengan tegas dirinya bukan kafir.

    “Saya bukan kafir,” tegas Ahok sambil menggelengkan kepalanya.

    Asroi lalu tersenyum mendengar pernyataan Ahok. Ada pun Fify Lety Indra, anggota kuasa hukum yang juga merupakan adik Ahok, terlihat memegang pundak kakaknya. Setelahnya, Asroi menyalami satu per satu kuasa hukum Ahok.

    Ahok yang juga Mantan Bupati Belitung Timur tersebut sebelumnya menyampaikan keberatan atas kesaksian Asroi. Ahok keberatan pernyataannya di Kepulauan Seribu tempo lalu disebut telah menyakiti umat Islam sedunia.

    Ahok juga keberatan dengan Asroi yang menafsirkan surat Al-Maidah ayat 51. Asroi mengartikan ayat tersebut agar tidak memilih pemimpin non-Muslim. Sebab, menurut Ahok, Kemenag memiliki tafsir sendiri terhadap surat Al-Maidah ayat 51.

    “Saya juga keberatan saudara saksi begitu ngomong Pancasila dan [pemeluk] agama lain, seolah-olah [pemeluk] agama lain [gak] bisa keberatan. Namun, satu pihak saksi mengatakan dan mengakui di luar mengucapkan kalimat syahadat, agama lain kafir. Saya keberatan,” sahut Ahok.

    Hal lainnya, Ahok juga merasa keberatan dengan pernyataan Asroi mengenai dirinya yang menyebutkan bahwa surat Al-Maidah berbohong.

    “Terakhir, saya percaya Yesus Tuhan bukan kafir. Saya keberatan Anda menganggap saya kafir. Saya bertuhan, dan saya terima Yesus adalah Tuhan dan hak saya di negeri Pancasila. Saya berhak menjadi apa pun di Republik ini!”

    Ucapan terakhir Ahok yang menohok ini praktis membuat suasana ruang sidang menjadi hening seketika. Fify Lety Indra, yang merupakan adik sekaligus salah satu anggota tim kuasa hukumnya langsung menenangkan sang kakak dengan mengelus-elus punggungnya.