Peserta Pilkada DKI Kumpul di Haul Gus Dur, Jokowi: Lha Mbok Ya Begitu yang Rukun


    peserta-pilkada-dki-kumpul-di-haul-gus-dur-jokowi-lha-mbok-ya-begitu-yang-rukun-cover

    SURATKABAR.ID – Peringatan ke-7 tahun wafatnya KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur pada Jumat (23/12/2016) dilakukan dikediaman pribadinya di Jalan Ciganjur, Jakarta Selatan. Acara tersebut diberi tajuk ‘Mengaji GusDur: Menebar Damai Menuai Rahmat’.

    Haul tersebut ternyata tidak hanya digunakan untuk memperingati wafatnya Gus Dur saja, ada tujuan lainnya yaitu mempereratkan hubungan sesama manusia khususnya antar umat muslim.

    “Menghadapi tantangam meningkatnya kebencian antarsesama muslim maupun terhadap kelompok lain akhir-akhir ini, kami merasa nilai keislaman yang diperjuangkan KH. Abdurrahman Wahid semakin relevan untuk digemakan kembali,” papar Alissa Wahid, pada Jumat (23/12/2016), dilansir dari tempo.co.

    Acara tersebut dihadiri oleh banyak tokoh di Indonesia, termasuk juga dengan Presiden Republik Indonesia, Jokowi. Terlihat hadir pula ketiga calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017. Tentunya ini merupakan pemandangan yang sangat langka sekali. Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 7 ribu jamaan, mereka yang hadir dari wilayah Jabodetabek dan sekitarnya.

    Ada kejadian yang cukup menarik saat Pak Jokowi mulai mengabsen ketiga pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubenur DKI Jakarta,

    “Di sini hadir pasangan calon gubernur semuanya. Diabsen dulu, coba berdiri,”  kata mantan Wali Kota Solo tersebut saat memberikan sambutan Haul Gus Dur ke-7 pada Jumat (23/12/2016), dikutip dari republika.co.id.

    peserta-pilkada-dki-kumpul-di-haul-gus-dur-jokowi-lha-mbok-ya-begitu-yang-rukun

    Sontak para kandidat tersebut berdiri karena telah disebutkan namanya. Mereka semua berdiri sambil melambaikan tangan kepada para hadirin yang datang.

    “Lha mbok begitu, yang rukun. Wong kita ini saudara sebangsa setanah air. Persaudaraan itu yang diajarkan oleh Gus Dur,” lanjut Presiden Jokowi, tribunnews.com.

    Mendengar kelakar orang nomor satu di Indonesia tersebt sontak membuat para jamaah yang hadir menyambutnya dengan sangat antusias dan sesekali ada yang bersorak.