Segera Upgrade Ponsel Pintar Anda Jika Masih Ingin Menggunakan WhatsApp Tahun Depan


whatsapp_logo

SURATKABAR.ID – Apa aplikasi bertukar pesan favorit Anda? Apakah WhatsApp merupakan salah satunya? Khusus bagi para penggemar WhatsApp di Android versi lawas, bersiaplah untuk meningkatkan kapabilitas smart phone Anda ke Android 7.0/ Nougat. Karena mulai akhir tahun 2016, WhatsApp tidak akan bisa digunakan lagi pada beberapa sistem Android.

Juga, perusahaan telah menetapkan batas waktu akhir 2016 untuk beberapa layanan yang tidak akan bisa diakses oleh ponsel keluaran lama. Dengan kata lain, pengguna WhatsApp yang masih memakai ponsel jadul nantinya tidak akan bisa lagi mengirim dan menerima pesan.

“Pada akhir tahun 2016 kami memutuskan untuk menghentikan dukungan dari WhatsApp Messenger pada beberapa platform mobile, seperti BlackBerry, Nokia, dan Android versi lama,” tulis WhatsApp seperti dilansir dailymail.co.uk.

Sebenarnya hal ini telah diumumkan pada awal 2016. Jadi, ini hanya sekadar “pengingat” bagi pengguna untuk segera meng-upgrade perangkatnya. Sedikit perubahan rencana, firma WhatsApp ‘berbaik hati’ melakukan perpanjangan layanannya di BlackBerry OS (BBOS) hingga Juni 2017.

Diantara berbagai jenis BlackBerry, hanya perangkat BlackBerry 10 sajalah yang masih bisa menikmati bertukar pesan melalui WhatsApp sampai pertengahan tahun depan. Sebelumnya ketersediaan WhatsApp untuk BBOS hanya berlaku sampai akhir Desember 2016.

WhatsApp menghentikan dukungannya pada beberapa ponsel pintar karena ada sejumlah Operation System (OS) yang dinilai sudah tidak lagi efisien dalam mendukung fitur terbaru yang akan mereka rilis tahun depan.

“Ini merupakan satu keputusan berat bagi kami, tapi rasanya merupakan saat yang tepat untuk memberikan pengalaman yang lebih baik terhubung menggunakan WhatsApp,” demikian ujar perwakilan perusahaan seperti dilansir oleh cnnindonesia.com (Jumat, 02/12/2016).

WhatsApp yang digandrungi oleh lebih dari semiliar orang di dunia ini tidak akan bisa digunakan di beberapa versi Android, iOS, dan Windows Phone versi lama mulai Januari 2017. Sementara untuk Blackberry dan Nokia, operasinya dihentikan mulai akhir Desember. Beberapa Sistem Operasi (OS) yang tidak akan didukung Whatsapp mulai Januari 2017 yakni:

  • Android Versi 2.1 (Éclair) dan 2.2 (Frozen Yoghurt)
  • Windows Phone 7
  • iPhone 3Gs/ iOS 6. Jadi, setiap iPhone 4, 4S, atau iPhone 5 yang belum diperbarui ke versi terbaru dari sistem operasi iOS 10 tidak akan bisa menggunakan WhatsApp. Hal ini juga mempengaruhi iPad generasi pertama, kedua, ketiga dan keempat yang belum di-upgrade.

Sementara untuk Juni 2017:

  • BlackBerry
  • Nokia S40
  • Nokia Symbian S60, mengingat Symbian adalah sistem operasi tertua sepanjang sejarah yang dirilis sejak 2007.

Hal ini diberitahukan bersamaan dengan Ulang Tahun WhatsApp yang ke-7 sejak pertama kali dirilis pada 2009. Aplikasi ini ingin memfokuskan perkembangan layanan yang lebih seru ke OS yang banyak digunakan oleh orang-orang zaman sekarang.

“Rencana ini diputuskan karena pandangan 7 tahun ke depan. Kami akan memfokuskan diri untuk mengembangkan aplikasi ini di platform yang banyak digunakan masyarakat zaman sekarang,” tandas firma Whatsapp kepada dailymail.co.uk (02/12/2016).

November lalu, WhatsApp yang adalah anak perusahaan Facebook ini baru saja merilis fitur panggilan video yang memungkinkan interaksi bukan hanya sebatas pesan singkat dan panggilan suara. Fitur baru yang konsepnya serupa Snapchat tersebut bernama “Status”. Anda bisa memakainya untuk memamerkan berbagai hal dalam bentuk foto atau video singkat yang akan menghilang selepas 24 jam.

Saat ini fitur “Status” masih tersembunyi dalam barisan kode pemrograman WhatsApp. Namun khusus pengguna yang memakai WhatsApp versi Beta dan memakai iOS atau Android yang telah di-jailbreak, bisa langsung menjajal fitur ini. Menu Status ditampilkan WhatsApp di antara kolom Calls dan Chats di bagian atas.

Berbagi foto Gif yang bisa ‘dicorat-coret’ sebelum dikirimkan ke teman dan grup juga dapat dilakukan dalam layanan ini. Namun ada kemungkinan fitur ini tidak akan dirilis ke aplikasi WhatsApp dalam waktu dekat. Bahkan saat ini, pengguna masih membutuhkan file tambahan untuk bisa mengakses Status versi Beta.

Sebelumnya, Facebook telah merilis fitur “Stories” untuk Instagram. Fungsinya juga untuk membagikan berbagai momen singkat yang ingin dipamerkan penggunanya. Serupa dengan Snapchat dan “Status” dalam WhatsApp,Stories” juga akan secara otomatis terhapus setelah lewat dari 24 jam.