JK Ungkap Cerita Dibalik Keputusan Jokowi Ikut Sholat Jumat Di Monas


    jk-ungkap-cerita-dibalik-keputusan-jokowi-ikut-sholat-jumat-di-monas-cover

    SURATKABAR.IDKeputusan Presiden Joko Widodo untuk turun menemui massa Aksi 212 pada Jumat (2/12/2016) diakui oleh Jusuf Kalla merupakan tindakan yang spontan. Wakil Presien Jusuf Kalla meyebutkan jika dirinya dan juga Presiden tidak takut terjadi sesuatu yang membahayakan karena percaya rakyat memegang teguh komitmennya untuk melakukan aski secara damai.

    “Memang spontan, tidak direncanakan. Toh ini kan kegiatan rakyat dan kita yakin itu pertemuan damai dengan doa,” ungkap JK pada Jumat (2/12/2016) saat ditemui awak media di Kantor Wapres setelah kembali menjalani shalat di Monas bersama massa, dikutip dari Merdeka.com.

    Tidak hanya mengungkapkan hal itu saja, JK juga memberitahukan jika pihak pemerintah, khususnya Presiden telah mendengarkan aspirasi rakyat. Buktinya, sekarang kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahja Purnama atau Ahok sudah ditangani pihak yang berwajib.

    Wapres Jusuf Kalla juga tidak menampik anggapan yang menyatakan bahwa kedatangan dirinya dan juga Presiden juga untuk meredam kemarahan karena mengangap pemerintah membela Ahok. Namun, saat ini proses hukum untuk kasus Ahok ini sudah ditangani dan semua masyarakat perlu untuk menghormati semua yang telah diputuskan. Tidak bisa untuk memaksakan kehendaknya.

    Dengan kondisi massa yang penuh sesak, menurut JK, Presiden Jokowi tidak bisa dengan leluasa berdialog dengan para Kiai dan Ulama yang hadir. Presiden Jokowi dan juga JK hanya sempat berjabatan tangan saja selanjutnya kembali lagi ke Istana Presiden.

    “Ndak, ndak, ndak. Mana bisa dengan begitu banyak orang. Jabat, jabat tangan saja,” terang JK.

    Aksi Super Damai yang dihadiri oleh ribuan umat Islam di Lapangan Monas tersebut brakhir setelah pulul 13.00 WIB. Dan pada pulul 13. 45 WIB, massa mulai meninggalkan lokasi dan tidak lupa membersihkan area yang sebelumnya digunakan untuk salat jumat bersama.