Kapal TKI Tenggelam, BNPB: 17 Orang Meninggal Dunia, 39 Orang Selamat


     

    kapal-tki

    Kecelakaan transportasi laut terjadi kembali di perairan Kepulauan Riau (Kepri). Kapal penumpang yang berisi TKI terbalik. Para penumpang terjun ke laut.

    Menurut informasi, kapal berangkat dari Pelabuhan Johor Baru pada pukul 03.40 waktu Malaysia, Malaysia menuju Batam, Kepri. Sesampainya di Teluk Mergung Tanjung Bemban, Kecamatan Nongsa, Batam pada pukul 05.00 WIB, kapal terbalik karena terhempas oleh gelombang. Seketika penumpang berloncatan ke laut.

    Seperti yang dilansir oleh detik.com, Kapolda Kepri Brigjen Sam Badigusdian mengatakan, “Pagi tadi kapal yang mereka tumpangi terbalik di depan pantai Teluk Mergung. Mereka masih terpisah-pisah di sekitaran pantai Teluk Mergung Tanjung Bemban,” kata Sam Budigusdian”.

    “Berdasarkan laporan dari BPBD Provinsi Riau yang ikut dalam proses evakuasi kapal tenggelam, data sementara jumlah penumpang 93 orang, dimana 17 orang ditemukan meninggal dunia, 39 orang berhasil dievakuasi selamat, dan 37 orang masih dalam pencarian,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

    Sutopo menjelaskan, kapal menabrak karang sehingga kapal menjadi oleng dan tenggelam. Pada saat kejadian, perairan sedang diguyur hujan deras disertai angin kencang. Gelombang pada saat waktu kejadian cukup tinggi dan tidak aman untuk kapal yang berukuran kecil.

    “Tim SAR gabungan dari Lanal Batam, Kantor SAR Batam, Polres Barelang, Polair, BPBD Kepri, dibantu nelayan terus melakukan evakuasi dan pencarian korban di sekitar lokasi kejadian. Saat ini, para korban selamat dibawa ke posko di Tanjung Bemban, Batu Besar, Batam,” jelas Sutopo.

    Sam Badigusdian juga menyebutkan bahwa evakuasi sedang dilakukan. Beberapa penumpang dapat diselamatkan. Saat ini, mereka berada di posko dan sedang mendapatkan perawatan.