Berat! Ini Syarat Agar Ahok Bisa Dicalonkan Oleh PDIP


ahok megawati

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok beberapa waktu yang lalu menyatakan bahwa telah mendapat dukungan dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Meski demikian, Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Ahmad Basarah menyatakan bahwa Ahok tidak akan bisa serta merta langsung menjadi calon dari PDIP di pemilihan gubernur 2017 mendatang. Ahmad menegaskan bahwa Ahok harus mempu memenuhi beberapa persyaratan sebelumya.

“Pertama, menyatakan lebih dahulu ‘tobat politik’ dari pilihan jalan perseorangan atau individualisme kembali kepada jalan gotong royong atau kepartaian,” ujarnya, di Jakarta, Rabu (8/6/2016), dikutip dari merdeka.com.

Selanjutnya Ahok diwajibkan mendaftar sebagai calon gubernur lewat PDIP, mulai dari mengisi formulir hingga sampai pada tahapan-tahapan lainnya yang telah menjadi ketetapan PDIP. Ahok juga wajib mengikuti uji kelayakan dan kepatutan yang dilakukan oleh internal PDIP, termasuk bersaing bersama 32 calon lain yang telah lebih dahulu mendaftar di PDIP.

Syarat lainnya yang harus dipenuhi menurut Ahmad adalah pasangan Ahok harus dari kader PDIP. Lebih lanjut lagi, PDIP akan menunggu hasil penyelidikan kasus RS Sumber Waras, di mana nama Ahok disebut-sebut dalam kasus yang kini sedang dalam penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ahmad juga menyinggung mengenai kasus reklamasi pantau utara Jakarta.

“Hal itu kami nilai sangat penting karena jangan sampai begitu dia diusulkan sebagai cagub, tiba-tiba KPK menetapkan status tersangka kepada Ahok,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya oleh okezone.com bahwa Ahok mengaku telah mendapat restu secara langsung dari Megawati.

Ahok mengklaim telah mengadakan pertemuan dengan Ketua Umum PDIP tersebut dan juga ikut dalam pertemuan Ketua DPP PDIP Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Djarot Saiful Hidayat.

“Malam Minggu makan, bahas macam-macam juga, bahwa saat ini independen. Bu Mega enggak pernah maksa, Bu Mega cuma bilang, ‘kalian itu udah baik berdua’ gitu loh. Saya bilang ‘ini kan udah terlanjur bu’,” kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (7/6/2016).

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengaku dekat dengan Megawati sejak lama, dirinya yakin putri Proklamator tersebut akan memberikan warga Jakarta seorang Gubernur terbaik. Ahok meyakini bahwa dirinya bisa saja dicalonkan PDIP tanpa harus menjadi kader partai tersebut terlebih dahulu.

“Dari zamannya habis reformasi aku juga enggak masuk PDIP. Tapi yang jelas saya orangnya Bu Mega dah. Saya tahu, beliau pasti akan memberikan gubernur terbaik bagi warga DKI. Kita tinggal tunggu keputusan beliau aja. Orang beliau belum putusin kok,” jelas Ahok


BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaMendebat Saat Ditilang, Bocah Ini Justru Bikin Polisi dan Warga Tertawa
Berita berikutnyaDibilang Begini Sama Orang Korsel, Menteri ini Jadi Galau