Aktivis Reformasi Ini Bongkar Sumber Dana Demonstrasi Mei 1998


P7180023

Mei 1998 memiliki arti penting dalam sejarah Republik Indonesia. Aksi demonstrasi besar-besaran para mahasiswa kala itu adalah cikal bakal runtuhnya orde baru yang dimpin oleh Presiden Soeharto selam 32 tahun.

21 Mei 1998 Soeharto menyatakan mengundurkan diri dari kursi keprisedenan yang telah dia duduki selama berpuluh-puluh tahun. Momentum itu adalah bagian terpenting dalam perjuangan para mahasiswa yang melakukan demontrasi selama berhari-hari.

Sebuah pertanyaan yang muncul adalah, bagaiamana para mahasiswa saat itu membiayai aksi demontrasi mereka. Adian Yunus Yusak Napitupulu, aktivis pada masa reformasi yang kini menjadi politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengungkapkan sumber dana aksi demontrasi tersebut.

Dilansir dari kompas.com, Adian mengaku jika dana yang mereka peroleh bersifat sukarela. Saat itu, para mahasiswa yang melancarkan aksi tidak memiliki uang untuk membiayai gerakan mereka.

Bahkan, Adian mengaku jika mahasiswa bekerja keras untuk bisa mengumpulkan biaya, termasuk diantaranya adalah mengamen. Mereka mempergunakan hasil mengamen untuk mencetak selebaran-selebaran.

“Gerakan kita itu dibiayai dari apa? Ngamen, dan ngecrek di mobil sambil bikin selebaran,” tutur Adian saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/5/2016).

adianphotoaksi001(2)

Anggota DPR tersebut mengaku jika hasil dari mengamen cukup banyak. Istrinya yang kala itu juga ikut aktif dalam aksi demontrasi menyatakan mendapatkan Rp. 2 juta dari hasil mengamen di jalanan.

Adian mengatakan jika hasil sebanyak itu mereka dapatkan karena sebagian besar masyarakat saat itu mendukung gerakan yang sedang dilancarkan oleh para mahasiswa.

Padahal, saat itu para mahasiswa sendiri dalam kondisi ekonomi yang sangat terbatas. Bahkan dirinya mengaku pernah menjual pagar kampus untuk bisa bertahan hidup.

“Saking enggak punya duit, kami pernah kiloin pagar kampus. Rektornya marah-marah,” tutur Adian sambil tertawa.

Lanjut ke halaman selanjutnya >>


1
2
BAGIKAN

Komentar

komentar


Terpopuler



Berita sebelumyaSebelum Ikuti Viral Teletubbies, Kenali Dulu Para Pemeran dari Setiap Tokohnya
Berita berikutnyaParade Tentara Wanita Rusia Ini Bikin Heboh Lantaran…