Video Penampakan Aneh di Langit Disebut Tanda Akhir Zaman Bikin Heboh, Begini Faktanya


SURATKABAR.ID – Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada 24 Agustus, akun Facebook Riders di BLKRBuol King Rider’s membagikan sebuah video yang langsung menjadi viral. Postingan tersebut diklaim sebagai penampakan aneh di langit.

Subhanallah…Pertanda apakah ini, apakah tanda akhir zaman?? (emoticon),” demikian bunyi narasi yang menyertai unggahan video tersebut, seperti yang dikutip dari laman Liputan6.com.

Terhitung sejak kali pertama diunggah, video tersebut telah ditonton hingga sebanyak 1.577.163 kali. Postingan tersebut juga telah dibagikan lebih dari 41 ribu kali. Dari hitungan tersebut, termasuk hanya dalam 24 jam terakhir, dibagikan sebanyak 26 ribu kali.

Video yang diposting oleh akun Facebook Riders di BLKRBuol King Rider’s tersebut juga telah dibanjiri oleh lebih dari 3 ribu komentar. Namun tak semua netizen yang meninggalkan komentar pada unggahan tersebut meyakini kebenaran yang terekam dalam video.

Baca Juga: Heboh Muncul ‘Tangan Tuhan’ di Brasil, Netizen: Tanda Akhir Zaman

Suaranya mirip waktu penampakan kuda terbang di atas gedung KPK kalo Ndak salah,” komentar salah seorang pengguna Facebook bernama Alfian.

Terdengar suara menggunakan bahasa Indonesia di dalam video yang ramai menjadi perbincangan para pengguna media sosial.

Allahuakbar…Allah hadir…Allah hadir, Allah hadir. Allahuakbar…Semakin jelas, semakin jelas, Allahuakbar,” terdengar suara dari dalam video tersebut.

Namun apakah penampakan tersebut terlihat di Indonesia? Selain itu, dari manakah asal video yang viral dan menyita perhatian warganet beberapa waktu belakangan ini?

Usut punya usut, setelah ditelusuri menggunakan Google Reverse Images, ditemukan aneka fakta menarik dari berbagai negara dan macam-macam klaim yang menyertai.

Salah satunya dari sebuah situs berbahasa Vietnam, hangphimtheky21.com, yang membagikan artikel terkait dengan penampakan tersebut di tahun 2018.

Dengan menggunakan Google Translate, diketahui bahwa artikel yang diberi judul Xôn Xao Clip Vầng Sáng Hình Quán Thế Âm Trên Bầu Trời, Phải Chăng “Bồ Tát” Đã Hiển Linh? tersebut mengaitkan penampakan serupa dengan Dewi Quan Yin atau Kwan Im.

Lain halnya dengan situs egy-copt.com yang pada tahun 2018 juga memposting artikel soal penampakan aneh itu. “Warga mengabadikan pemandangan menakjubkan dan momentum penampakan objek asing terbang di langit,” bunyi terjemahan dari judul artikel di situs tersebut.

Masih di tahun yang sama, tepatnya pada 23 Februari 2018, situs peru.com, menulis artikel dengan judul Extraña figura celestial provocó truenos y desapareció en segundos?. Dalam artikel disebutkan, pemilik akun Facebook Samira Aissa disebutkan membagikan video tersebut pada situs media sosial tersebut.

Postingan Samira Aissa telah ditonton hingga lebih dari 3 juta kali.

Video penampakan yang sama juga diposting akun YouTube خمسة فرفشة pada pertengahan Februari, tahun 2018. Berbeda dengan unggahan yang viral di Tanah air, postingan yang telah disaksikan hingga lebih dari 1.388.032 kali itu menggunakan backsound berupa bunyi, bukan suara manusia.

Ada begitu banyak klaim yang beraneka macam dikaitkan dengan video seperti yang dibagikan oleh akun Facebook Riders di BLKRBuol King Rider’s. Mulai dari penampakan aneh di langit, Dewi Kwan Im, Yesus, bahkan ada juga yang menyebut dementor.

Namun karena tidak disebutkan lokasi pasti tentang tempat kejadian dalam video tersebut, maka verifikasi keaslian video pun sulit dilakukan. Dan yang jelas, dibandingkan dengan video serupa yang tersebar luas di YouTube itu sama sekali tak ada yang berlatar suara berbahasa Indonesia.