Ketiban Rejeki Nomplok! Beli Vas Rp 17 Ribu, Jual Kembali dengan Harga Rp 1,4 Miliar


    SURATKABAR.ID – Rezeki bisa datang dari mana saja, dari arah yang tidak terduga. Seperti halnya yang terjadi baru-baru ini di China. Ada sebuah vas yang dibeli dengan harga 1 pound sterling sekitar Rp 17 ribu dari toko amal, dan akan dijual kembali dengan harga 80.000 kali lipatnya, atau sekitar Rp 1,4 miliar.

    Ternyata setelah dilakukan penelitian lebih mendalam, vas ini dibuat untuk seorang raja Kaisar China. Awalnya sang pemilik mendaftarkannya untuk dijual di e-Bay. Namun ia dibanjiri oleh pesanan sampai akhirnya ia memutuskan untuk membuatnya dihargai secara professional. Setelah ditelusuri, Para ahli Sworders Fine Art Auctioneers di Stansted Mountfitchet, Essex menemukan jika vas itu dibuat untuk Kaisar Qianlong yang berkuasa sekitar tahun 1735-1796.

    Temuan tersebut diyakini kebenarannya setelah ada simbol yang sama di salah satu istana kaisar. Vas ini memiliki warna kuning dan memiliki dua tanda segel merah-besi yang bertuliskan Qianlong chen hang atau Kaisar Qianlong sendiri.

    Baca juga: Heboh Makan Gurita Hidup seperti Ria Ricis, Berisiko Kematian Jika Tidak Tahu Trik Ini

    “Penjual pria itu ada di toko amal dan memilih vas karena dia suka tampilan itu,” kata Yexue Li. “Dia tidak menyadari signifikansinya sehingga dia meletakkannya di eBay dengan harga awal yang sangat rendah untuk memulai dan ada banyak minat.”

    Yexue Lie, kapala departemen seni Asia di Swoders menyebutkan pembeli tersebut terkejut. Penjualan berlangsung pada 8 November 2019.

    “Vas itu istimewa karena dilengkapi dengan prasasti oleh Kaisar Cina Qianlong, dan dia pasti menugaskan vas ini. Ini vas berkualitas tinggi karena diperintahkan pengadilan, jadi itu akan bernilai tinggi saat dibuat. Ini sangat menarik, dan kami sudah memiliki banyak minat,” kata Yexue Li.