Langka, Lele Spesies Baru Ditemukan di Sungai Mahakam Kutai Kartanegara


SURATKABAR.ID – Ada kabar mengejutkan di balik jernihnya hulu Sungai Mahakam, Kutai Kartanegara. Belum lama ini, di kawasan calon ibu kota Indonesia ini ditemukan spesies lele langka yang sebelumnya tak pernah diketahui.

“Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali menemukan spesies baru ikan air tawar Leiocassis rudicula di hulu Sungai Mahakam, Kalimantan Timur,” bunyi rilis pers Biro Kerjasama, Hukum, dan Humas LIPI, pada Minggu (1/9), dikutip dari laman Detik.com.

Berbeda dengan jenis lele lainnya yang memilih air keruh dan juga berlumpur sebagai tempat tinggal mereka, ikan air tawar bernama ilmiah Leiocassis rudicula ini justru ditemukan hidup di air jernih dengan aliran air yang deras dan dasar pasir atau kerikil.

Baca Juga: Spesies Baru Tardigrada Ditemukan di Tempat Parkir Mobil di Jepang, Seperti Apa?

“Distribusinya diketahui hanya terdapat di Sungai Mahakam yang menjadikan ikan ini endemik dan perlu menjadi perhatian dalam konservasi. Hasil temuan spesies baru ini disimpan di Museum Zoologicum Bogoriense (MZB) Pusat Penelitian Biologi LIPI, Cibinong, Jawa Barat,” ungkap LIPI.

Terkait penamaan Leiocassis rudicula pada lele spesies baru ini dikarenakan ia memiliki kepala yang berbentuk cekungan mirip seperti sendok kayu. Nama ‘rudicula’ sendiri memiliki arti sendok kayu dalam Bahasa Latin.

Lele ini memiliki bagian tubuh yang seluruhnya berwarna kuning kecokelatan dengan ukuran 43.8 – 118 mm. Bagian kepala dan badannya terkompresi, sedangkan bagian punggung hampir merata. Dan di atas mata terdapat cekungan.

Penemuan ini merupakan hasil kerjasama antara Pusat Penelitian Biologi LIPI dan para peneliti dari Natural History Museum, Singapura.

“Ditemukan di Kutai Kartanegara,” tutur staf peneliti Renny Kurnia Hardiaty, Ilham Vemandra Utama, ketika dikonfirmasi secara terpisah.