Cegah Sebelum Terlambat! Ini Tanda Tahi Lalat Anda Bakal Berkembang Jadi Kanker Kulit


SURATKABAR.ID – Tahi lalat merupakan bagian dari tubuh yang dianggap sebagai ciri khas. Setiap orang hampir bisa dipastikan memiliki tahu lalat. Bahkan, ada beberapa orang yang memiliki tahi lalat dalam jumlah banyak. Untungnya, tak ada hubungan khusus antara jumlah tahi lalat yang dimiliki dengan penyakit serius.

Meski banyaknya tahi lalat tak menunjukkan penyakit serius, adanya tahi lalat juga perlu diwaspadai. Hal ini dikarenakan tak semua tahi lalat normal. Ada beberapa tahi lalat yang justru menjadi tanda adanya melanoma yang akhirnya bisa berkembang menjadi kanker kulit.

Bagi kamu yang memiliki tahi lalat, ketahui 5 tanda tahi lalat berikut agar bisa mendeteksi lebih dini bahaya kanker. Jangan abaikan tahi lalat di setiap bagian tubuhmu. Terlambat menyadari bisa mengancam kesehatan dan bahan nyawa.

Baca Juga: Jadi Bahan Bully-an Gara-Gara Tahi Lalat Penuhi Tubuhnya, Kini Wanita Ini Malah Jadi…

1. Bentuk Asimetris

Tahi lalat sehat memiliki bentuk simetris. Jika ditarik garis tengah, maka akan terbagi dua bagian yang sama. Jadi, hati-hati jika kamu memiliki tahi lalat dengan bentuk tak beraturan.

2. Berwarna Tak Tegas

Perhatikan batasan pinggir tahi lalat, apakah memiliki garis warna yang tegas? Jika garis batas tahi lalat berwarna tak tegas, kasar, atau tak rata maka kamu harus memeriksakan diri ke dokter dengan segera.

3. Tak Berwarna Tunggal

Tahi lalat yang menjadi tanda bahaya adalah tahi lalat yang memiliki beberapa warna sekaligus. Misalnya saja, tahi lalat memiliki warna merah, coklat, abu atau putih dalam satu tempat. Hal yang harus lebih diwasdapadai adalah jika tahi lalat memiliki warna merah darah atau bahkan mengeluarkan darah.

4. Berdiameter Besar

Umumnya, tahi lalat memiliki diameter tak lebih dari 1/4 inchi. Jika tahi lalat lebih besar dari 1/4 inchi, maka kamu perlu berhati-hati. Apalagi jika awalnya tahi lalat berukuran kecil dan bertambah besar dari waktu ke waktu.

5. Berkembang

Tahi lalat disebut berkembang tak hanya jika mengalami pertambahan diameter. Bisa saja tahi lalat baru tumbuh di sekitar tahi lalat yang sudah ada sebelumnya. Hal ini perlu kamu waspadai jika tahi lalat berkembang dengan sangat cepat, disertai gatal, bengkak, atau bahkan nyeri.

Itulah tadi 5 tanda yang menunjukkan tahi lalat mengarah pada tanda bahaya. Sudah cek tahi lalatmu? jangan tunda memeriksakan diri jika menemui salah satu dari 5 tanda bahaya di atas, ya!

Berita Ini Pernah Diterbitkan di Serumpi.com dengan Judul: Hati-Hati, 5 Tanda ini Tunjukkan Tahi Lalat Akan Berkembang Menjadi Kanker Kulit, Cegah Sebelum Terlambat!