Jangan Minder! Buat yang Pernah Dipecat, Intip Tips Wawancara Kerja Ini


SURATKABAR.ID – Jika Anda pernah diberhentikan alias dipecat oleh satu perusahaan tentu akan ada rasa minder untuk menghadapi sesi wawancara kerja di tempat baru. Jangan dulu merasa tidak berarti, karena sebenarnya ada beberapa tips untuk mengatasi masalah tersebut.

Seperti yang dirangkum dari laman Detik.com pada Kamis (22/8/2019), dengan bekal trik-trik ini dijamin Anda dapat menghadapi wawancara kerja di tempat yang baru tanpa kesulitan.

1. Usahakan untuk Tampil Penuh Percaya Diri

Jika Anda tampil dengan penuh percaya diri, maka hal tersebut akan memudahkan Anda dalam menjawab segala pertanyaan yang diberikan oleh pihak HRD di tempat yang baru. Namun jika Anda gugup, maka jawaban sebaik apapun yang sebelumnya telah dipersiapkan akan biyar semua.

Baca Juga: Penting! Ini Dia Busana yang Haram Digunakan Saat Wawancara Kerja

2. Jangan Gunakan Kata ‘Pecat’

Kata ‘pecat’ akan menunjukkan kesan negatif. Karena itu, sebaiknya Anda menggunakan kata yang lain saat akan membahas pengalaman Anda di tempat kerja yang lama. Ada banyak pilihan kata lain selain ‘pecat’, misalnya ‘berhenti bekerja’.

3. Sampaikan Jawaban Tegas dan Jujur

Setiap kali Anda mendapatkan pertanyaan dari pihak HRD yang mewawancarai Anda, usahakan memberi jawaban jujur dan sampaikan dengan suara tegas. Misalnya tentang pengalaman Anda berhenti dari pekerjaan lama, dan yakinkan perusahaan baru bahwa Anda telah memperbaiki diri.

4. Pahami Alasan Anda Dipecat di Tempat Lama

Dengan Anda mengetahui serta memahami alasan perusahaan lama memecat Anda, akan memudahkan Anda menjawab pertanyaan yang diberikan pewawancara di tempat baru. Dan sekali lagi, usahakan jangan menjelek-jelekkan perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya.

Anda tidak perlu khawatir, karena sebenarnya tidak sulit untuk menghadapi wawancara di tempat yang baru setelah sebelumnya dipecat jika Anda sudah melakukan persiapan-persiapan yang diperlukan. Dan usahakan menjadi diri Anda sendiri, ya?

Selain itu, jangan lupa untuk memilih pakaian yang tepat ketika akan menghadiri sesi wawancara, ya? Karena bagaimana pun pakaian yang Anda kenakan akan memberi kesan pertama tentang karakter Anda.