Doa Pastor Gilbert untuk UAS Terkait Ceramah Salib yang Viral


SURATKABAR.ID – Pastor Gilbert Lumoindong ikut buka suara menanggapi viralnya video yang berisi tentang ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) terkait simbol salib yang belum lama ini bikin geger dunia maya dan ramai diperbincangkan warganet.

Melalui akun media sosial Instagram pribadinya, seperti ditukil dari laman Suara.com pada Minggu (18/8/2019), Pastor Gilbert Lumoindong memposting foto UAS ketika tengah berceramah sembari menggambarkan simbol salib menggunakan tangan.

Lewat narasi yang diberi judul ‘Tanggapan terbuka terhadap Yth Ustaz Abdul Somar’, ia menyayangkan isi ceramah pendakwah asal Asahan, Sumatera Utara.

Dalam postingannya, Pastor Gilbert Lumoindong mempertanyakan maksud dari ceramah yang disampaikan UAS dalam video yang akhirnya menuai kontroversi di media sosial.

Baca Juga: Ceramahnya Dianggap Menista, Ustad Abdul Somad Dilaporkan Polisi

Perlu nggak sih, ceramah isinya hanya menghina agama lain? Apakah hati Ustaz sudah begitu penuh dengan kebenciannya terhadap kami??” tulisnya melalui akun Instagram @pastorgilbert, pada Sabtu (17/8) kemarin.

Selain mengajukan pertanyaan tersebut, Pastor Gilbert juga menuliskan imbauan untuk saling menjunjung tinggi sikap toleransi di tengah-tengah perbedaan yang ada di Tanah Air.

Marilah sebagai pemuka agama, apalagi akademisi, marilah Ustadz menabur semangat ‘Bhineka Tunggal Ika’ dalam perbedaan agama, namun sesama anak bangsa,” tukasnya dalam unggahan tersebut.

Ia menilai ceramah UAS yang menyindir simbol agama yang ia anut itu sudah sangat melampaui batas. Pastor Gilbert lalu menjelaskan seperti apa makna salib sebenarnya di dalam ajaran agama Kristen.

Yth UAS, kayanya anda telah ‘offside’ deh, mulai membahas di salib ada setan, ‘jin kafir’. Sebenarnya yang ada katakan ‘jin kafir’ dalam Kristen itu adalah ROH KUDUS, yang pasti akan membuat gentar, mereka-mereka yang hidupnya dikuasai kegelapan,” jelas Pastor Gilbert.

Meskipun begitu, Pastor Gilbert tetap menuliskan doa agar UAS mendapat kebaikan dalam momen kemerdekaan Indonesia yang penuh dengan makna persatuan.

Doa kami menyertai Ustadz sehingga hati Ustadz dipenuhi cinta dan semangat persatuan dan kesatuan khususnya di bulan kemerdekaan ini dalam pemberitaan ajaran agama yang intinya selalu kasihh & cinta. Salam perdamaian Indonesia penuh kasih,” pungkasnya dalam unggahan tersebut.

Seperti yang diketahui sebelumnya video UAS ketika menyampaikan ceramah mengenai hukum umat Islam melihat salib viral dan menjadi topik pembicaraan terpanas di dunia maya. Pasalnya pernyataan yang disampaikan oleh UAS dianggap menghina umat Kristen dan juga Katolik.