Dulunya Terendam Air, Intip Daya Tarik Si Candi Misterius di Magelang


SURATKABAR.ID – Sudah mendunia, Candi Borobudur di Magelang menjadi salah satu destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Padahal di Magelang tidak hanya ada Candi Borobudur, loh.

Dilansir dari laman Detik.com, Magelang juga ternyata memiliki candi-candi lainnya yang tak kalah menarik untuk Anda kunjungi bersama keluarga saat liburan. Adalah Candi Losari, sebuah candi yang sangat misterius karena dulunya candi ini tenggelam di dalam air.

Candi Losari sendiri terletak di Dusun Losari, Desa Salam, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang. Jika Anda berencana mengunjungi candi misterius satu ini, terutama Anda yang datang dari arah Yogyakarta, setelah masuk perbatasan Jawa Tengah, Anda dapat bertanya langsung kepada warga setempat.

Nanti setelah memasuki Dusun Losari, Desa Salam, Kecamatan Salam, Anda bakal menemukan papan dengan nama Candi Losari tertulis. Sekilas memang bangunan candi tidak akan terlihat dari pinggir jalan. Anda hanya akan melihat bangunan permanen beratap.

Baca Juga: Temuan Mengejutkan di Pondasi Candi Puntodewo Ini Gegerkan Masyarakat, Karena…

Setelah Anda menginjakkan kaki di areal candi, akan ada tanaman salak yang menyapa Anda. Bangunan Candi Losari sendiri terletak di kedalaman yang dahulu terendam air.

Menurut catatan yang ada, Candi Losari baru ditemukan sekitar tahun 2004. Sewaktu ditemukan saat itu kondisi bangunan candi tertutup tanah. Baru kemudian dilakukan ekskavasi hingga akhirnya seluruh bangunan candi terlihat utuh.

Setelah bangunan Candi Losari terlihat seluruhnya, destinasi wisata ini sempat tenggelam dalam air, loh. Hal itu terjadi sekitar tahun 2017-an. Hingga kemudian dibuatkan pipa saluran air untuk menghindari kejadian serupa.

Untuk melihat seluruh bangunan Candi Losari, Anda harus menuruni tangga. Begitu tiba di dasar, Anda akan diperlihatkan tiga buah candi yang berdiri. Ada satu candi berukuran lebih besar yang sudah runtuh dan dibiarkan tetap dalam kondisi tersebut.

Kebanyakan tamu yang berkunjung melihat Candi Losari datang dari kalangan pelajar dan mahasiswa. “Liburan sekolah ramai. Kebanyakan yang datang ke sini pelajar dan mahasiswa. Kalau turis mancanegara satu, dua,” jelas Juru Pelihara Candi Losari Halimah.

Tertarik untuk menjadi saksi sejarah dari bangunan Candi Losari yang sempat terendam dalam air ini?