Inilah Desa-Desa Terbersih di Dunia. Indonesia Juga Termasuk Loh


Penglipuran-Village-bali
Salah satu yang menjadi idaman banyak orang dan mungkin sangat susah di lakukan adalah mencari tempat yang bersih dan benar-benar tidak ada sampah di dalamnya. Wajar memang, melihat roda kehidupan yang seperti sekarang ini dimana industri terus dilakukan, polusi akan sampah pun semakin banyak dan tak terkedali. Terlebih kebiasaan buruk masyarakat banyak yang membuang sampah sembarang seolah menjadi kewajiban yang harus dilakukan setiap hari.
Banyak masyarakat yang cuek dan tak bisa melihat masa depan, dimana sampah yang berserakan bisa merusak lingkungan padahal anak dan cucu kita yang belum lahir kelak tidak akan bisa menikmati indahnya alam seperti dulu saat kita masih balita. Karena itu sudah seharusnya mulai dari sekarang kita bisa berpikir dan berperilaku yang berguna, tak perlu jauh cukup mulai dari yang termudah saja, yakni hidup bersih dan selalu membuang sampah pada tempatnya.
Banyak sekali efek yang ditimbulkan, jika kita mampu mewujudkan hal tersebut. Bukan hanya untuk kita pribadi namun juga untuk keturunan-keturunan kita kelak yang akan menempati tempat yang telah kita sediakan. Tak heran jika untuk saat ini sudah banyak negara maju di dunia yang mulai peduli dan sudah menerapkan wajib bersih pada sebagian kota-kotanya.
Berikut adalah tiga desa paling bersih dan tanpa sampah di dalamnya yang bisa Anda jadikan referensi atau inspirasi betapa nikmat dan indahnya hidup bersih dan tidak ada sampah disekeliling Anda. Mulai dari desa kecil di negara Belanda hingga desa alami terkenal yang Ada di Indonesia. Silahkan disimak dan jangan lupa dibagikan yah :

Desa Mawlynnong Meghalaya India
Desa Mawlynnong Meghalaya India
Desa paling bersih pertama dimana tidak ada sampah didalamnya adalah Desa Mawlynnong Meghalaya India. Kesempurnaan serta kebersihan dari desa yang satu ini bisa dilihat dari banyaknya tanaman bunga yang tumbuh rimbun di tepi jalan setapak Desa Mawlynnong. Sejauh mata memandang, tidak terlihat sedikit pun sampah mengotori jalan-jalan di desa yang berada di pegunungan Negara Bagian Meghalaya itu.
Tempat sampah yang terbuat dari bambu tersedia di setiap sudut jalan di Mawlynnong. Rambu peringatan berukuran besar melarang warga membuang sampah sembarangan.Ditambah lagi, sejumlah relawan menyapu jalan-jalan secara berkala. Bagi desa yang dihuni 500 warga dari Suku Khasi itu, menyampah sangat dilarang dan tidak disukai masyarakat.
Kami membersihkan lingkungan setiap hari karena kami telah diajarkan nenek moyang kami untuk hidup bersih. Karena, itu baik untuk kesehatan kami,“ kata Baniar Mawroh, seorang remaja yang duduk di pintu masuk rumahnya yang kecil, namun tampak begitu resik.
Selain membuang sampah sembarangan, merusak lingkungan juga hal yang sangat dihindari warga setempat. Budaya hidup bersih di Mawlynnong sudah diterapkan sejak 130 tahun silam. Saat itu, wabah kolera melanda negara bagian tersebut. Tanpa tim medis dan pengobatan yang memadai, hidup bersih menjadi satu-satunya pilihan bagi warga setempat untuk menghindari wabah itu.

Lanjut ke halaman selanjutnya >>