Qomar Ditangkap Polisi Karena Kasus Pemalsuan Ijazah


SURATKABAR.ID Pelawak dari group Empat Sekawan, Nurul Qomar ditangkap polisi. Mantan anggota DPR RI periode 2009-2014 tersebut diciduk  jajaran Polres Brebes, Jateng, karena dugaan pemalsuan ijazah master dan doktor. Dia dijemput paksa dari rumahnya karena selalu mangkir dari pemeriksaan.

Seperti diwartakan detik.com, Qomar ditahan di Mapolres Brebes, sejak Senin (24/6/2019) malam. Dia tersandung kasus dugaan pemalsuan ijazah S-2 dan S-3 yang dia gunakan untuk syarat mencalonkan Rektor Umus (Universitas Muhadi Setiabudhi) Brebes.

“Yang bersangkutan kita tangkap di rumahnya karena tidak koperatif. Beberapa kali tidak hadir (saat pemanggilan), jadi kita tangkap,” ujar Kasat Reskrim Polres Brebes, AKP Triagung Suryomicho, Selasa (25/6/2019).

Dalam kasus ini, sejumlah alat bukti diamankan oleh petugas. Yakni berupa satu lembar curriculum vitae (CV), sebuah surat keterangan dan sebuah surat klarifikasi. Sedangkan untuk ijazah palsunya sendiri tertera atas nama salah satu universitas negeri di Jakarta.

Pelawak berusia 59 tahun itu diduga memalsukan ijazah untuk mencalonkan diri sebagai rektor di sebuah universitas di Brebes, Jawa Tengah. Dengan ini Komar bisa dianggap melanggar pasal 263 KUHP . Ia terancam hukuman 7 tahun penjara.