Resep Manjur Agar Tubuh Tidak Cepat Loyo Ketika Perjalanan Mudik Jarak Jauh


SURATKABAR.ID – Jalur darat dengan mobil pribadi masih menjadi pilihan mayoritas masyarakat Indonesia yang akan melakukan mudik ke kampung halaman. Selain lebih murah, mudik dengan mobil pribadi bikin para pemudik bisa membawa lebih banyak barang.

Meski banyak keuntungannya, namun tak jarang tubuh menjadi lebih rentan pegal-pegal dan lelah ketika melakukan perjalanan jauh dengan mobil. Nah, ketika pegal datang, sebenarnya ada tips mudah untuk mengatasinya, seperti yang dihimpun dari laman Detik.com pada Rabu (29/5/2019).

Jika tubuh mulai merasa pegal, Anda dapat melakukan peregangan ringan untuk membuat badan kembali nyaman. Misalnya dengan gerakan sederhana, seperti menggoyangkan kaki dan meregangkan badan. Anda juga bisa meluruskan badan selagi beristirahat di rest area.

“Regangkan badan, goyangin kaki kan bisa. Ini kan hal-hal sederhana. Meregangkan tangan, kaki dan pinggang. Kalau misalnya mobilnya berhenti di rest area bisa melakukan gerakan peregangan dengan meluruskan badan,” tutur Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kemenkes RI Kartini Rustandi.

Kartini menjelaskan, dengan melakukan gerakan peregangan pada badan akan membuat tubuh tak lagi terasa kaku. Terlebih setelah Anda menghabiskan waktu selama berjam-jal duduk di dalam mobil.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ternyata Ini Cara yang Benar Mudik Naik Motor Sambil Bawa Barang

“Kalau nyetir mobil dengan postur yang buruk seperti terlalu condong ke depan atau belakang, tentu akan membuat bagian punggung terasa pegal dan sakit,” imbuh Kartini lebih lanjut.

Nah, untuk mengatasinya, lakukanlah peregangan dengan mengangkat kedua tangan ke atas, menggerakkan kelapa, atau melakukan gerakan stretching lain. Lakukan gerakan peregangan setidaknya selama dua atau tiga kali.

“Kita menggerakkan tubuh kita, mengolah tubuh kita, supaya tubuh kita tidak kaku. Apalagi kalau perjalanan jauh dan mengejar waktu, tubuh juga akan meresponsnya kaku, jadi akan terasa capek banget,” lanjut Kartini.

Itulah sebabnya ketika melakukan perjalanan jarak jauh dengan menggunakan mobil pastikan tubuh Anda duduk dalam kondisi rileks. Tak hanya itu. Ternyata sangat penting juga untuk menjaga suasana di dalam mobil tetap nyaman. Selamat mudik!