Bikin Takjub! Dibutuhkan 2700 Orang yang Bekerja 24 Jam Nonstop untuk Bersihkan Masjidil Haram


SURATKABAR.ID – Sebagai masjid yang ramai dikunjungi banyak umat muslim dari seluruh dunia, Masjidil Haram harus selalu berada dalam keadaan bersih. Ini dikarenakan ibadah haji maupun umroh senantiasa dilakukan di Masjidil Haram. Oleh sebab itu, kebersihan masjidil Haram menjadi salah satu yang selalu diutamakan. Yang membuat takjub dan tak banyak diketahui, ternyata dibutuhkan 2700 orang yang bekerja 24 jam non stop untuk membersihkan Masjidil Haram tersebut.

Menukil laporan Grid.ID, Rabu (15/05/2019), tentunya kebersihan Masjidil Haram sangat diperhatikan untuk menjamin kekusyukan dan kenyamanan ibadah seluruh umat. Apalagi jika mengingat tempat ibadah ini memiliki ukuran yang luas dan besar. Tentu bukan hal mudah untuk membersihkan keseluruhan area Masjidil Haram.

Itulah sebabnya pemerintah Saudi Arabia memerlukan banyak pekerja untuk membersihkan kawasan Masjidil Haram ini. Bahkan diperlukan hingga 2700 pekerja yang bekerja selama 24 jam tanpa henti.

Tentunya para pekerja ini dibagi menjadi beberapa shift. Dalam satu hari, total ada 4 shift yang akan bekerja membersihkan area Masjidil Haram secara bergantian.

Para pekerja kebersihan ini akan dibagi untuk membersihkan tiga area masjid, yakni area plaza, area di dalam masjid dan luaran masjid. Sementara itu, pembersihan besar-besaran Masjidil Haram dilakukan setelah maghrib.

Baca juga: Tak Sampai 12 Jam, 3 Negara Ini Berdurasi Puasa Terpendek Sedunia

Proses Pembersihan Masjidil Haram

Proses pembersihan masjid ini berfokus utama pada mataf, yakni kawasan terbuka di tengah masjidil haram yang di dalamnya terdapat kakbah dan merupakan tempat untuk tawaf.

Ada beberapa kegiatan pembersihan mataf seperti, membersihkan karpet, memungut sampah secara manual pada malam hari, hingga menyemprotkan pewangi mulai dari area pintu masuk, area solat dan area dekat menara air zam-zam.

Sedangkan untuk pembersihan kakbah dilakukan sebanyak dua kali dalam setahun.

Kegiatan membersihkan Masjidil Haram ini tak hanya sebatas menyapu, mengepel dan mengambil sampah saja, tapi juga termasuk mengelap pilar dan jendela, juga menyedot debu pada karpet.

Guna menunjang kegiatan pembersihan Masjidil Haram lebih optimal, diperlukan 60 kendaraan pembersih, 120 kendaraan pengangkut dan 60 mesin pencuci.

Selain itu, khusus untuk permadani berwarna hijau yang berjumlah setidaknya 30 ribu, dibersihkan dalam 5 tahap dengan alat canggih. Selengkapnya, saksikan video berikut seperti dikutip dari siaran program acara Silet, RCTI, dari akun kanal YouTube-nya.