Ingin Kuat Tadarus Al-Qur’an Tiap Hari Selama Ramadan? Konsumsi Makanan Super Ini


SURATKABAR.ID – Bulan Ramadan adalah waktu terbaik untuk berlomba-lomba melakukan kebaikan dan mengejar pahala. Salah satu kegiatan yang dianjurkan dilakukan umat Muslim adalah membaca Al-Qur’an atau tadarus Al-Qur’an.

Meski begitu, masih banyak orang yang mengaku tidak kuat menahan kantuk ketika harus membaca kitab suci ini dari pagi hingga malam. Untuk mengatasinya, konsumsi makanan super berikut ini saat santap sahur dan buka puasa, seperti yang dilansir dari laman Detik.com pada Selasa (145/2019):

Sayuran Berwarna Hijau

Bayam, kale atau sayuran berdaun hijau lainnya sangat baik untuk kesehatan mata. Mereka diperkaya Vitamin C dan E, ditambah karotenoid lutein dan zeaxanthin yang kaya manfaat untuk mata. Sayuran yang mudah diolah ini juga dapat mengurangi risiko penyakit mata jangka panjang, seperti katarak.

Brokoli

Jenis sayuran ini memang banyak dibenci. Padahal brokoli sendiri kaya akan kombinasi nutrisi yang bisa menjaga kesehatan mata. Kandungan Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin E yang tinggi, ditambah antioksidan, brokoli terbukti melindungi sel-sel mata dari serangan radikal bebas.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ternyata Jus Kurma Punya Sederet Manfaat untuk Kesehatan

Sayuran Warna Oranye

Tak hanya sayuran berwanra hijau saja yang baik untuk mata. Sayur dan buah warna oranye, misalnya ubi manis, wortel, mangga, dan melon merah, dapat meningkatkan kemampuan mata untuk melihat dalam gelap berkat kandungan beta karoten yang tinggi di dalamnya.

Omega-3

Retina mata kinta membutuhkan dua jenis asam lemak Omega-3, yakni DHA dan EPA, untuk bisa berfungsi dengan sempurna. Kedua kandungan tersebut ada di dalam ikan-ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan makanan laut lainnya.

Daging Merah

Zinc bertugas untuk membawa Vitamin A dari hati menuju retina dan membuat pigmen melanin pelindung. Untuk itu sangat direkomendasikan mengonsumsi makanan yang kaya kandungan zinc, seperti tiram, daging sapi atau ayam.

Polong-Polongan

Kacang polong hitam, kacang merah, dan edamame yang termasuk di dalam jenis polong-polongan sangat baik untuk kesehatan mata. Makanan ini dapat membantu mata meningkatkan kemampuannya melihat dalam gelap dan menghambat terjadinya degenerasi makula.

Selain makanan di atas, sangat direkomendasikan memperbanyak makan telur, labu, paprika merah, dan jenis kacang-kacangan. Dengan makanan-makanan super ini, Anda tak akan berhadapan dengan kantuk berlebihan ketika harus sepanjang malam untuk bertadarus Al-Qur’an.