Hindari Hal-hal Ini Saat Belanja agar Pengeluaran Tidak Bengkak di Bulan Puasa


SURATKABAR.ID – Bulan Suci Ramadhan telah datang menghampiri seluruh umat muslim di dunia. Beragam persiapan pun mulai banyak dilakukan untuk menyambut datangnya bulan suci tersebut. Salah satunya adalah menyiapkan menu untuk sahur dan berbuka puasa.

Berbicara mengenai persiapan menu buka dan sahur nanti, sudah pasti banyak bahan makanan yang harus dibeli di pasar. Sayangnya, banyak orang yang belum tahu bagaimana cara teraman untuk memilih bahan makanan agar tahan disimpan selama satu bulan ke depan.

Melansir dari Liputan6.com, momen berpuasa yang bisa dijadikan ajang untuk melakukan hal-hal positif, kadang diciderai dengan kurang bijaknya seseorang dalam bersikap. Untuk menguatkan diri, kadang seseorang memberikan ‘award’ pada diri sendiri secara berlebihan ketika mampu menuntaskan ibadah.

Lebih mengherankannya lagi, ternyata hal-hal yang membuat boros pada saat bulan puasa justru kerap dilakukan oleh banyak orang. Alhasil, demi menekan pengeluaran beberapa hal ini harus dihindari ya!

1. Tergoda Diskon

Diskon menjadi hal yang paling menggiurkan bagi semua orang namun justru menjadi racun yang begitu menyesatkan. Semakin besar diskon yang bertebaran, semakin besar pula hasrat untuk berbelanja, hal itulah yang membuat orang-orang semakin boros.

Baca juga: Jastip Jadi Fenomena, Ketahui Sanksinya Jika Barang Bawaan Lebih dari Rp 7 Juta

2. Buka Puasa Bareng

Memang benar bahwa untuk beberapa alasan buka puasa bareng menjadi momen langka yang sangat ditunggu-tunggu. Terlebih bagi mereka yang sudah lama tak berjumpa, biasanya moment buka puasa menjadi momen yang paling tepat untuk kembali bertemu sahabat lama. Namun jangan sampai lengah ya, kebiasaan buka puasa bareng ini bisa bikin pengeluaran semakin membengkak.

3. Tradisi Beli Baju Baru

Banyak yang bilang kalau membeli baju baru merupakan tradisi yang wajib dilakukan saat menjelang lebaran. Sayangya, banyak yang lupa kalau membeli baju baru bukanlah kebutuhan melainkan hanya sekedar keinginan. Tak ayal, jatah tabungan pun tanpa sengaja ikut terpotong lantaran memenuhi keinginan untuk membeli baju baru.

Berita ini pernah diterbitkan di Serumpi.com dengan judul: Ramadhan Sebentar Lagi, Waspadai Hal ini Saat Belanja di Bulan Puasa!!