Jadi Sorotan, Begini Komentar Jokowi Usai Bertemu dengan AHY


SURATKABAR.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara menanggapi pertemuan empat matanya dengan Komandan Kogasma Partai Demorkat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada Kamis (2/5) yang ramai diperbincangkan banyak kalangan.

Seperti yang dihimpun dari laman Kompas.com pada Kamis (2/5/2019), Jokowi tak ikut menyampaikan pernyataan usai menemui AHY di Ruang Kredensial. Ia ternyata memberikan pernyataan melalui akun media sosial Twitter, @jokowi.

Bersama dengan itu tersebut, Jokowi memposting foto pertemuannya dengan putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di ruang kerjanya di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam unggahannya, Jokowi menyampaikan maksud pertemuannya dengan AHY.

Menerima kedatangan tokoh dan politisi muda, Agus Harimurti Yudhoyono, di Istana Merdeka, sore ini. Pertemuan saya dan Mas AHY ini adalah silaturahmi yang baik, berpayung semangat kebangsaan untuk senantiasa bersama-sama memajukan Indonesia,” tulis Jokowi.

Pada akhir kalimatnya, Calon Presiden Petahana juga menuliskan ucapan terima kasih. “Terima kasih Mas AHY.”

Baca Juga: AHY Bicara Soal ‘Jadi Bagian’ di Hadapan Jokowi, TKN Kembali Lempar ‘Rayuan’

Adapun pertemuan antara Jokowi dan AHY berlangsung tak kurang dari 20 menit di Ruang Kerja Presiden di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, tak ada satu orang pun yang mendampingi mereka berdua.

View this post on Instagram

Menerima kedatangan tokoh dan politisi muda, Agus Harimurti Yudhoyono, di Istana Merdeka, sore ini. Pertemuan saya dan Mas AHY ini adalah silaturahmi yang baik, berpayung semangat kebangsaan untuk senantiasa bersama-sama memajukan Indonesia. Terima kasih Mas AHY.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Terkait pertemuan tersebut, AHY menegaskan bahwa pertemuannya dengan Presiden Jokowi bukan inisiatif darinya. Ia menyampaikan bahwa itu adalah undangan yang datang langsung dari sang mantan Wali Kota Solo.

Dalam pertemuan empat mata tersebut, keduanya saling tukar pikiran dengan tujuan memajukan bangsa Indonesia ke depannya. Selain itu, AHY juga menyamoaikan salam hormat dari sang ayah, SBY, dan Ibu Ani Yudhoyono teruntuk Jokowi.

AHY, dalam kesepmatan tersebut, mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk lebih bersabar dalam menyikapi apa pun hasil dari Pemilu 2019 nanti.

“Sikap terbaik bagi kita adalah menunggu sampai dengan perhitungan terakhir yang nanti akan diumumkan secara resmi oleh KPU, penyelenggara Pemilu, yang kita harapkan benar-benar bisa menjalankan tugasnya hari ini yang berat,” tutur AHY.

Ia mengaku sangat menyadari bahwa ada banyak perbedaan pandangan dalam menyikapi hasil pemilu tahun ini. AHY hanya berharap, usai KPU selaku lembaga yang memegang wewenang mengeluarkan pengumuman resmi dari hasil Pemilu 2018, semua bisa menerima hal tersebut dengan bijaksana.

“Mudah-mudahan yang paling akhir nanti, 22 Mei, kita bisa menerima apa pun hasil yang akan dijelaskan oleh KPU,” pungkas AHY.