Kini Berkoalisi, 7 Foto Kenangan Prabowo dan SBY Saat Masih di TNI Ini Jadi Sorotan


SURATKABAR.ID – Jelang Pilpres 2019 belum lama ini, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan manuver politik. Partai yang didominasi warna biru putih itu sepakat untuk berkoalisi dengan Partai Gerindra. Keduanya lantas maju menyokong Prabowo Subianto sebagai calon presiden dengan Sandiaga Salahuddin Uno sebagai calon wakil presidennya.

Sebagaimana dilansir dari laporan Brilio.net, Rabu (01/05/2019), keduanya menyatukan kekuatan demi menghadang Jokowi agar tak menjadi presiden untuk kedua kalinya. Kesepakatan ini merupakan hasil pertemuan tertutup yang digelar oleh kedua tokoh politik tersebut di kediaman Prabowo Subianto di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan pada Senin (30/07/2018) silam.

Langkah Partai Demokrat ini lantas mendapat sorotan publik ketika itu. Pasalnya, koalisi ini digadang-gadang menjadi salah satu yang terkuat untuk menghadapi Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tak jadi maju melanjutkan periode kedua. SBY sendiri diketahui menyerahkan sepenuhnya pemilihan cawapres kepada Prabowo Subianto.

Sebagaimana diketahui masyarakat luas, baik sosok SBY maupun Prabowo ini sama-sama lahir dari rahim militer. Kedua tokoh politik ini pernah mengenyam pendidikan di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI).

Kendati sama-sama masuk AKABRI tahun 1970, Prabowo dan SBY saat itu jarang terlihat bersama-sama. Itulah sebabnya koalisi keduanya di Pilpres 2019 ini sangat menarik untuk diikuti.

Lantas, bagaimana kenangan Prabowo dan SBY saat masih menjadi prajurit TNI? Yuk simak foto-fotonya saat mereka masih muda, seperti dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Baca juga: Demokrat: Kami Tidak Meninggalkan Kawan yang Sedang Mengalami Kesulitan

1. Prabowo dan SBY pernah terlihat bersama saat menghadiri sebuah acara lengkap dengan seragam dinas.
2. Pada era 90-an Prabowo dan SBY merupakan anggota TNI yang tak hanya ganteng dan gagah, tapi juga dielu-elukan dan jadi sorotan.
3. SBY ialah perwira pemikir yang bersinar dengan segudang prestasinya.
4. Sedangkan Prabowo merupakan perwira yang kerap bertempur langsung di medan perang.
5. SBY pernah menjabat sebagai Panglima Kodam Sriwijaya dan kemudian menjadi Menteri Pertambangan dan Energi di era Gus Dur dan Menteri Polhukam di era Megawati.
6. Prabowo pernah menjabat sebagai Panglima Kostrad sebelum kariernya meredup seiring Tragedi 1998.
7. Baik Prabowo maupun SBY belum pernah berkoalisi di pilpres sebelumnya. Namun kini kedua pimpinan partai ini bersatu untuk merebut kursi RI-1 pada Pilpres 2019.