Tips Manjur Agar Anak Tak Ngupil di Depan Umum


    SURATKABAR.ID – Mengupil adalah hal yang lumrah dilakukan. Oleh orang dewasa juga anak-anak. Namun terkadang, ada anak yang memang memiliki hobi mengupil. Bahkan tak kenal tempat, mereka tetap asyik menggali harta karun meski sedang berada di keramaian. Sebenarnya normal tidak, sih?

    Seperti yang dihimpun dari laman Haibunda.com pada Sabtu (23/4/2019), menurut psikiater Gail Saltz, mengupil adalah hal yang normal. Hampir semua anak melakukannya. Demikian juga dengan orang dewasa.

    Ketika mengupil, jelas Saltz, muncul dorongan alami untuk memegang hidung yang terasa gatal lantaran ada ingus yang mengering. Atau bisa juga anak terdorong untuk mengupil karena adanya upil di dalam hidung membuat napasnya terasa tak nyaman.

    “Sayangnya, mengupil dianggap menjijikkan dan tidak sehat di masyarakat kita. Inilah sebabnya mengapa orangtua sering mengingatkan anak agar tak mengupil,” jelas Saltz seperti yang dikutip dari Today.

    Jika si kecil mengupil di depan umum, Anda bisa mengajari mereka untuk berhenti melakukannya jika sedang berada di tempat ramai. Beritahu bahwa mengupil sebaiknya dilakukan di tempat yang tak banyak orang, mengambil upil dengan tisu, atau setidaknya menutupi hidung saat mengupil.

    Baca Juga: Ternyata Bisa Mendeteksi Kesehatan Menggunakan Upil, Begini Caranya

    Dan jangan lupa untuk memberi contoh kepada anak bahwa orangtuanya juga tak mengupil di public area. Karena bagaimana pun anak-anak tidak akan mengikuti perintah orangtua jika tak disertakan contoh nyata.

    “Bunda bisa memberi alternatif dengan memberi anak tisu atau memintanya ke kamar mandi. Jangan lupa jelaskan tentang tujuan bersikap sopan santun serta pentingnya hidup sehat,” imbuh Saltz lebih lanjut.

    Anda bisa memberi penjelasan kepada putra dan putri bahwa ketika kita memasukkan jari yang belum tentu bersih ke dalam hidung untuk mengupil, kita bisa terinfeksi kuman. Belum lagi jika setelah anak mengupil kemudian melakukan kontak badan dengan orang lain. Ini bisa semakin menyebarkan kuman.

    Namun bagaimana jika anak kita masih tetap mengupil di depan umum meski sudah bolak-balik diberi penjelasan? Bisa jadi mereka memang ingin dengan sengaja melanggar peraturan yang dibuat orangtuanya.

    Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak-anak tetap mengupil di tempat-tempat umum meski sudah berulangkali diberitahu, Menurut Saltz, hal ini bisa terjadi pada anak-anak yang sudah mulai memberontak atau mereka melakukannya karena sedang kesal.

    Sementara itu, ahli etika Peter Post menilai mengupil itu jorok karena kita mengeluarkan sesuatu yang lengket dan menjijikkan dari hidung. “Meski kita menggunakan tisu untuk menghilangkannya dari jari, jari akan kita gunakan untuk menyentuh orang lain,” ujar Post dalam buku berjudul Father Knows Less.

    Post menyarankan, jika ingin mengupil carilah tempat yang sepi dan tak dapat dilihat oleh orang lain. Menurutnya, pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial. Manusia suka bergaul dengan orang lain dan masalah etika adalah hal yang sangat penting dalam pergaulan.

    “Mengupil di depan orang lain bisa membuat mereka enggan nyaman. Untuk itu, saat berinteraksi dengan orang lain, kita mesti jaga perilaku,” pungkas Post.